Mon. Dec 5th, 2022

Nama sarang semut ini tidak lain diambil karena bagian dalam dari kue ini berbentuk rongga-rongga. Meskipun disebu kue jadul, tetapi jangan salah! Justru kue sarang semut ini malah kaya akan rasa karamel yang ada di dalamnya lho!

Untuk membuatnya siapkan 150 gr tepung terigu dan tapioka, 1 sdt baking powder dan soda kue, 350 gr gula pasir, dan juga 300 ml air panas. Siapkan juga daun jeruk, 1/2 sdt garam, 200 ml krimer, 75 gr margarin, dan juga 6 butir telur.

Langkah pertamanya campurkan tepung terigu, tapioka, soda kue, dan juga baking powder lalu aduk sampai rata. Jika sudah, masukkan gula pasir ke dalamnya dan masak dengan api kecil sampai membentuk karamel.

Setelah itu, tambahkan air sedikit demi sedikit dan masukkan daun jeruk beserta garam di dalamnya. Masak semua bahan tadi sampai mendidih dan biarkan gulanya larut.

Angkat adonan tadi dan diamkan sampai dingin lalu kocok telur beserta krimer tadi menggunakan whisk sampai muncul buihnya. Masukkan campuran tepung dan juga larutan gula tadi secara bergantian sambil terus diaduk sampai licin.

Jangan lupa, tambahkan margarin dan aduk sampai rata. Tuang adonan tadi ke dalam loyang berbentuk tulban dengan diameter sebesar 22 cm. Namun sebelumnya olesi dengan mentega dan tepung terigu.Panggang adonan tadi selama 50 menit sampai benar-benar matang lalu biarkan dingin ya!