Sel. Agu 9th, 2022

Salah satu tempat destinasi wisata yang tak kalah menariknya dengan daerah lain ada di Jawa Timur. Tempat wisata yang indah ini diberi nama Taman Nasional Baluran yang memang selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Keindahan taman ini juga mirip dengan yang ada di Afrika.

Disini pengunjung juga bisa menikmati berbagai destinasi wisata seru lainnya. Bahkan bagi kamu yang menyukai foto, tempat ini juga banyak menyediakan latar foto yang indah.

Rute menuju Taman Nasional Baluran

Bagi kamu yang ingin berpetualang di Taman Wisata Baluran maka bisa menempuh dengan melalui rute pilihan berikut :

  • Mobil

Apabila kamu menggunakan mobil pribadi maka kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju ke Jalan Banyuwangi-Batangan, selanjutnya menuju ke Bekol. Namun ada alternatif rute lainnya yaitu kamu bisa langsung menuju ke jalan Situbondo-Batangan. Jika kamu sudah memasuki Bekol maka terdapat pintu masuk dengan tulisan Taman Nasional Baluran.

  • Bus

Kemudian jika kamu memilih menggunakan bus maka kamu bisa naik bus dengan jurusan Surabaya-Probolinggo. Kemudian bisa dilanjutkan kembali dengan naik bus jurusan Probolinggo-Ketapang. Lalu kamu juga akan diantar langsung ke pintu gerbang padang savana Taman Nasional Baluran.

  • Kereta Api

Perjalanan ke Taman Nasional Baluran juga bisa ditempuh dengan menggunakan kereta api. Kamu bisa turun di Stasiun Banyuwangi Baru selanjutnya naik bus dengan jurusan Terminal Sri Tanjung-Ketapang. Setelah itu ganti lagi dengan menggunakan bus jurusan Surabaya. Disini kamu juga harus berpesan pada sopir untuk menurunkanmu didepan Taman Nasional Baluran.

Dan paling mudah jika kamu berwisata menggunakan kendaran umum, untuk bisa mengakses Taman nasional Baluran silahkan gunakan jasa nahwatravel.co.id.

Lokasi, Jam Operasional dan Harga Tiket

Taman Nasional Baluran ada di area Hutan yang ada di Sumberwaru. Area ini masuk dalam Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo Jawa timur.

Kemudian untuk jam operasionalnya dibuat setiap hari mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.30 WIB.

Dan untuk harga tiket masuknya dikenakan Rp 15 ribu untuk WNI. Sedangkan untuk harga tiket WNA harus membayar Rp 150 ribu. Di akhir pekan harga tiketnya tentunya juga akan mengalami perubahan yaitu Rp 17 ribu untuk WNI, dan untuk WNA dikenakan tarif Rp 225 ribu.

Ada Apa Saja di Taman Nasional Baluran?

Di Taman Nasional Baluran terdapat beberapa destinasi wisata yang sayang sekali jika tak dikunjungi. Diantaranya yaitu Hutan Evergreen yaitu hutan abadi dengan kondisinya yang subur sekali. Bahkan terdapat sungai yang digunakan untuk cadangan air bagi tumbuhan.

Dengan suasananya yang asri dan indah tentunya membuat betah para wisatawan yang mengunjunginya. Terdapat pula panorama Gunung Ijen yang terlihat gagah.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa mengunjungi Savana Bekol. Ini merupakan padang rumput yang sering disebut juga dengan ‘Little Africa”, karena memang suasananya yang mirip dengan padang rumput yang terdapat di Afrika.

Savana Beol ini juga sifatnya musiman, artinya apabila sedang musim hujan maka kawasan ini terlihat hijau mempesona. Bahkan sering juga menemukan rusa yang sedang memakan rumput saat musim hujan. Ini merupakan salah satu pemandangan yang tak terlupakan.

Nah sebelum kamu meninggalkan Taman Nasional Baluran, tak lupa untuk mengunjungi Pantai Bama. Pantai yang terlihat sangat alami dan damai ini terlihat sangat nyaman untuk dikunjungi.Disini juga kamu bisa menyaksikan kera dengan ekor panjang.

Suasana pantainya juga akan semakin terasa indah saat menjelang sore hari. Disini kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam dengan panorama pantainya yang indah.

 

 

By Mike