Sel. Agu 9th, 2022

Teknik sipil atau civil engineering merupakan salah satu bidang pekerjaan yang diminati banyak orang saat ini. Lantas apa yang dinamakan teknik sipil? Teknik sipil adalah ilmu terapan yang mempelajari tentang perancangan, pembangunan, dan modifikasi manufaktur sampai infrastruktur sebuah bangunan. Jadi jurusan teknik sipil ini adalah eksekutor dari rancangan bangunan yang telah dibuat.

Bangunan yang dimaksud disini sangatlah beragam. Mulai dari bangunan sederhana, gedung bertingkat, jembatan, bendungan, hingga bangunan lepas pantai. Selain itu, lulusan teknik sipil juga perlu menguasai ilmu desain, konstrusi, hingga pemeliharaan lingkungan. Mahasiswa teknik sipil juga harus paham ilmu matematika dan gambar 2D dan 3D.

Di tengah pembangunan infrastruktur yang kian meningkat di Indonesia, turut membuka peluang bagi para lulusan jurusan ini. Itulah yang membuat banyaknya prospek kerja jurusan teknik sipil dan gajinya pun cukup tinggi. Mengutip dari situs Gajiterbaru.com, berikut ini beberapa prospek kerja teknik sipil di Indonesia beserta gaji yang akan di dapat:

  • Construction Management Supervisor

Prospek kerja teknik sipil yang pertama adalah construction management supervisor. Pekerjaan ini juga disebut juga pimpinan proyek. Seorang pimpinan proyek ini memiliki tugas dan tanggung jawab mengawasi dan memimpin berbagai proyek pembangunan dan awal hingga akhir. Selain itu juga menetapkan jadwal pekerjaan, memantau keuangan.

Seorang pimpinan proyek juga bertugas memastikan bahwa setiap orang yang berada di dalam komandonya melakukan pekerjaannya dengan baik dan benar. Lantas berapakah gaji seorang construction management supervisor?Rata-rata gaji yang didapat seorang pimpinan proyek yaitu berkisar 8-20 juta per bulan.

  • Drafter

Seorang drafter memiliki tugas mempersiapkan dan membuat gambaratau sketsa infrastruktur.Kemudian gambar tersebut di presentasikan kepada client. Dalam menciptakan gambar, drafter bisa menggunakan perangkat lunak khusus atau teknik manual. Gambar rancangan drafter ini menunjukkan detail teknis dan menentukan dimensi, bahan, dan prosedur yang akan digunakan.

Untuk menjadi seorang drafter, minimal Anda harus memiliki latar belakang pendidikan D3. Hal ini dikarenakan, penggunaan perangkat lunak khusus seperti AutoCAD membutuhkan kemampuan teknis yang umumnya diajarkan pada perkuliahan. Untuk upah seorang drafter sendiri sekitar 4-10 juta per bulan.

  • Surveyor

Surveyor adalah orang yang bertugas memeriksa keakuratan data survey. Hal tersebut termasuk pengukuran dan perhitungan yang dilakukan di lokasi proyek pembangunan. Seroang surveyor ini memiliki tanggung jawab memastikan bahwa proyek pembangunan yang berjalan telah mengikuti peraturan pemerintah yang berlaku. Surveyor juga berkewajiban membantu mengurus dokumen.

Dokumen tersebut berupa dokumen perizinan atas suatu pembaungan. Maka dari itu ketika proyek pembanungunan Anda menemukan hal yang melanggar hukum, Anda harus mampu mencari solusinya. Mengutip dari situs Gajiterbaru.com gaji dari seorang surveyor proyek berkisar 4-8 juta per bulan.

  • Project Manager

Prospek kerja teknik sipil yang terakhir dapat Anda ketahui adalah project manager. Tugas seorang project manager ini terbilang cukup penting. Sebab, project manager ini memainkan peran utama dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengendalian, dan penutupan proyek. Jadi, seorang project manager ini bertanggung jawab atas seluruh lingkungan proyek.

Selain itu berhasil atau gagalnya suatu project manager juga merupakan tanggung jawan dari seorang project manager.Maka dari itu, untuk menjadi seorang project manager ini dibutuhkan persyaratan pengalaman kerja sekurang-kurangnya 5 tahun. Untuk gajinya sendiri, seorang project manager memiliki standar gaji 8 hingga lebih dari 20 juta per bulan.

Nah, demikian 5 prospek kerja teknik sipil dan gajinya yang dapat Anda ketahui.Selain ke 5 pekerjaan tersebut masih banyak lagi prospek kerja teknik sipil yang dapat Anda temukan di Indonesia.

By Mike