Sen. Des 5th, 2022

Pohon jeruk dapat tumbuh subur ketika diletakkan pada lahan yang sesuai. Pertumbuhannya akan maksimal, dan produksi buahnya pun lebih baik.

Jeruk atau limau ini dipercaya berasal dari daratan Asia Timur dan Asia Tenggara. Tentu saja, jenis jeruknya berbeda.

Untuk jeruk yang berasal dari Asia Timur adalah jeruk manis dan lemon. Sedangkan jeruk yang berasal dari Asia Tenggara adalah jeruk nipis, jeruk bali hingga jeruk purut.

Pohon ini termasuk tanaman perdu. Memiliki ketinggian sekitar 2-15 meter. Batangnya berduri namun tidak terlalu rapat.

Untuk daunnya sendiri berwarna hijau dengan permukaan yang agak licin. Untuk buahnya sendiri memiliki ukuran yang bervariasi. tergantung pada jenisnya.

Tanaman ini biasanya tumbuh dengan baik ketika ditanam pada ketinggian 0-400 mdpl. Sementara itu, tanaman jeruk menghendaki suhu udara di kisaran 25-30 derajat Celsius.

Untuk curah hujannya tidak lebih dari 1200 mm/tahun. Dan kelembaban udaranya hanya sekitar 50-85%. Setidaknya, lingkungannya memiliki masa kering sekitar 3 bulanan.

Ketika melakukan penanaman jeruk, sebaiknya tempatkan di area yang terbuka. Pasalnya, tanaman ini membutuhkan sinar matahari langsung.

Tanah yang dikehendaki adalah tanah yang gembur. Setidaknya, di dalamnya sudah terkandung bahan organik.

Kemudian tingkat keasaman tanah berkisar 6-7 PH. Jika ini bisa dipenuhi, pertumbuhan jeruk akan lebih maksimal. Bahkan, pohon jeruk dapat menghasilkan buah yang melimpah.

By Mike