Sen. Feb 6th, 2023

Ketika Anda sedang berada di tengah keramaian, lalu ingin menanyakan sesuatu kepada seseorang tak dikenal menggunakan bahasa Inggris. Apakah yang akan Anda katakan?

Dalam situasi tersebut, percakapan dapat diawali dengan perkenalan yang sopan namun tidak terlalu baku. Perlu diingat bahwa tingkat kesopanan dalam bahasa Inggris berbeda dengan bahasa Indonesia.

Dalam hal ini, upayakan agar tidak terlalu formal dan tentunya tidak terdengar asing. Oleh karena itu, Anda harus memahami terlebih dahulu konsepnya sebelum memulai percakapan.

Dalam konteks seperti yang tertera di atas, sebaiknya Anda menggunakan bahasa inggris yang kasual. Karena percakapan bahasa inggris yang kasual memiliki kepentingan paling besar dalam kehidupan sehari-hari. Lalu apa yang dimaksud dengan percakapan kasual?

Percakapan kasual merupakan percakapan yang dilakukan dengan bahasa yang tidak terlalu baku dengan tujuan untuk membangun kedekatan atau menanyakan suatu hal kepada seseorang.

Dalam hal ini, percakapan dapat dilakukan antara orang yang sudah dikenal maupun orang tidak sengaja ditemui di suatu tempat. Hal yang mempengaruhi percakapan bahasa inggris adalah jarak sosial atau kedekatan di antara penutur dan penutur yang akhirnya memunculkan interaksi berupa percakapan.

Percakapan kasual dalam bahasa inggris sendiri terbagi menjadi dua, yaitu minimal dan non-minimal. Perbedaannya adalah pada cara pendekatan dan pembahasan inti.

Percakapan minimal cenderung dimulai dengan komunikasi secara umum, seperti sapaan sebelum memasuki pembahasan inti, umumnya dilakukan secara singkat. Sedangkan pada percakapan non-minimal lebih fokus pada pertukaran informasi sejak awal dan dilakukan dalam waktu yang lebih lama.

By Juli