Sen. Des 5th, 2022

Sakit perut yang parah bisa disebabkan karena kondisi ringan seperti kembung, atau karena nyeri kram yang diakibatkan oleh virus gastroenteritis. Tetapi jika sakit perut bagian tengah terjadi berulang dan terasa sangat sakit bisa juga disebabkan oleh kondisi masalah kesehatan serius yang mengancam jiwa seperti kanker usus besar atau bisa disebabkan oleh radang usus buntu.

Apa Penyebab Sakit Perut Bagian Tengah?

Sakit perut di bagian tengah perut di sisi kanan dan kiri

Ginjal posisinya berada di sisi tulang belakang. Maka ada kemungkinan rasa sakit di area ini disebabkan oleh masalah dengan usus besar.

Biasanya, nyeri yang menjalar sampai ke punggung, disertai demam, diare, dan mual bisa juga disebabkan oleh infeksi ginjal.

Jika rasa sakit yang parah menyebar ke perut bagian bawah dan datang secara bertahap, ini bisa disebabkan karena batu ginjal. Pasien mungkin mengalami gejala seperti mual, muntah, demam, ingin buang air kecil terus-menerus, dan terdapat darah dalam urin.

Sakit Perut di bagian tengah perut

Umumnya sakit perut dibagian tengah perut berkaitan dengan usus halus dan usus besar. Sakit perut dan kram disertai dengan gajala seperti diare parah, kelelahan, demam, dan penurunan berat badan adalah merupakan terdapat tanda penyakit radang usus .

Bila gejalanya disertai muntah, diare, dan kesulitan udara besar atau buang air besar, pasien harus waspada terkena penyakit obstruksi usus halus .

Nyeri yang disertai dengan gajala pembengkakan di dekat pusar, sering menyebabkan perut dada sakit, bisa disebabkan karena penyakit hernia umbilikalis.

Sakit perut di tengah di sisi kiri

Sakit perut yang terletak di luar ginjal kiri, ini juga merupakan area yang berisi usus besar. Penyebab sakit perut bagian tengah sisi kiri ni bisa karena infeksi atau radang usus besar yang disebabkan karena pola makan yang tidak sehat dan faktor penuaan.

Nyeri yang persisten dan sering yang disertai gajala seperti nyeri perut, demam, mual dan muntah merupakan gejala khas dari penyakit divertikulitis atau kolitis.

 

By Mike