Sen. Feb 6th, 2023

Saat ingin bepergian keluar rumah dan kehausan namun tidak membawa air mineral sendiri, kita pasti berinisiatif untuk membeli air mineral di toko terdekat. Air mineral yang ada di pasaran umumnya dikemas dengan gelas plastic atau botol plastik. Untuk membuat botol plastik ini dibutuhkan mesin pembuat botol plastik yang bernama blow molding.

Definisi Mesin Blow Molding

Blow molding adalah sebuah metode menggunakan mesin blow molding di mana plastik akan diolah menjadi plastik tabung yang dikenal dengan performa atau parison melalui proses pemanasan. Proses pemanasan pada plastik yang akan dijadikan botol plastik ini dilakukan hingga mencapai titik lelehnya. Setelah itu, plastik dimasukkan ke dalam cetakan yang bernama mold.

Setelah plastik dimasukkan ke dalam mold, plastik tersebut kemudian akan dikembangkan seperti balon dengan kompresi udara. Plastik akan dikembankan dengan mengikuti rongga pada cetakan yang ada di mold. Ketebalan hasil dari botol plastik biasanya ditentukan dari dua hal, yaitu banyaknya plastik yang digunakan dan besarnya tekanan udara yang diberikan.

Produk yang Dihasilkan Mesin Blow Molding

Mesin pembuat botol plastik ini sesuai dengan namanya memang dapat digunakan untuk membuat botol plastik. Namun, produk yang dapat dihasilkan oleh mesin blow molding ini tidak hanya sebatas untuk membuat botol plastik. Mesin ini juga dapat digunakan untuk pembuatan safety cone, mainan, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Mesin Blow Molding

  1. Extrusion Blow Molding

Jenis mesin blow molding yang pertama adalah extrusion blow molding. Mesin yang satu ini menggunakan proses yang juga dikenal sebagai pembantu material plastik dengan cara meneteskan plastik melalui extruder. Metode yang digunakan dengan mesin extrusion blow molding ini adalah extruder dan blow.

Mesin extrusion blow molding ini dapat menghasilkan produk-produk dengan ukuran dan bentuk yang berbeda-beda. Selain itu, mesin ini juga dapat membuat variasi bukaan leher botol serta pegangan pada botol berbeda-beda pula. Jenis plastik yang digunakan untuk mesin ini umumnya adalah HDPE, PVC, PP, PC, dan PETG.

Metode dengan mesin ini hanya bisa dilakukan saat produk yang dihasilkan langsung dipindahkan ke tempat lain atau langsung digunakan. Hal ini disebabkan mesin ini membutuhkan tempat yang luas dan besar untuk menyimpan botol plastik yang dihasilkan. Karenanya, mesin ini kebanyakan digunakan pada perusahaan berskala besar.

  1. Injection Blow Molding

Jenis mesin blow molding untuk pembuatan botol plastik yang selanjutnya bernama injection blow molding. Injection blow molding ini adalah mesin yang memproses produk dengan bahan plastik melalui cara injeksi bakalan plastik yang akan di blow terlebih dahulu. Mesin jenis ini umumnya digunakan untuk membuat botol plastik yang memiliki ulir pada bagian leher.

  1. Stretch Blow Molding

Jenis mesin blow molding yang ketiga adalah stretch blow molding. Mesin yang satu ini membentuk plastik dengan cara direntangkan. Plastik akan direntangkan atau distretch hingga mencapai ukuran yang diinginkan. Plastik yang digunakan untuk mesin ini umumnya plastik jenis PET.

Keuntungan Mesin Blow Molding

Ada berbagai keuntungan dari pemakaian mesin blow molding dibandingkan mesin pencetak plastik lainnya. Salah satunya dalam segi biaya. Mesin blow molding ini memiliki biaya produksi serta biaya mesin yang lebih murah dibandingkan mesin lainnya. Selain itu, dengan mesin ini flash atau bulir kecil di permukaan produk lebih berkurang.

Nah, itu dia berbagai informasi penting mengenai mesin pembuat botol plastik yang bernama mesin blow molding. Mesin ini banyak digunakan di industri-industri yang membutuhkan botol plastik, seperti air mineral, shampoo, sabun mandi, sabun muka, dan lain sebagainya.

By Juli