Rab. Okt 5th, 2022

Selada merupakan jenis tanaman yang mampu tumbuh dengan subur di daerah beriklim sedang hingga tropis. Tanaman ini sendiri umumnya dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai lalapan atau bahan pelengkap makanan misalnya hot dog dan hamburger. Selain itu selada dapat dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu yakin cukup dicuci menggunakan air bersih lalu dimakan.

Cara Menanam Selada Di Rumah

Perlu diketahui bahwa selada memiliki kandungan mineral dan zat besi yang tinggi sehingga sangat berkhasiat bagi tubuh manusia. Di samping itu untuk menanamnya sendiri juga sangat mudah. Namun sebelum memulai menanamnya pastikan telah menyiapkan benih selada yang berkualitas.

Apabila biji selada sudah disiapkan maka langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan media tanam. Tentunya media tanam yang diperlukan harus memenuhi syarat agar selada dapat tumbuh dengan subur. Adapun beberapa media tanam yang diperlukan seperti berikut.

  • Tanah gembur yang kaya nutrisi.
  • Pupuk kandang.
  • Sekam padi.
  • Pot atau polybag.
  • Alat untuk menyiram yang berisi air secukupnya.

Apabila media tanam telah disiapkan tahap selanjutnya yaitu menanam biji selada pada pot yang telah diisi dengan tanah. Siramilah tanaman tersebut dua kali sehari pada pagi dan sore. Jika telah berumur 17 hari bibit selada tadi bisa dipindahkan ke lahan yang lebih permanen.

Itulah cara menanam selada di rumah yang bisa dipraktekkan sendiri. Dalam hal ini agar tanaman itu bisa tumbuh subur ketika telah berusia 3 minggu sebaiknya berikan pupuk yang mengandung banyak nitrogen.

 

By Juli