Sel. Agu 9th, 2022

Memelihara ikan di akuarium memang sangat menyenangkan. Terlebih jika jumlahnya banyak dan jenisnya beragam. Untuk menambah koleksi ikan peliharaan, coba tambahkan jenis ikan hias air tawar kecil.

Jenis ikan hias ini memiliki bentuk mungil, bisa dipelihara dalam jumlah banyak, dan tentunya irit tempat. Selain itu, warna-warni sisiknya yang beragam juga membuat tampilan akuarium semakin semarak. Simak beberapa jenis ikan hias air tawar kecil berikut.

Referensi Jenis Ikan Hias Air Tawar Kecil

Biasanya orang-orang memelihara ikan hias ini sebagai penambah semarak suasana akuarium. Akan tetapi ada pula jenis ikan yang harusnya ditempatkan di wadah khusus karena sifat agresifnya. Berikut beberapa jenis ikan air tawar kecil yang menarik dipelihara.

  1. Ikan Molly

Ikan bersisik hitam ini tampak eksotis jika ditempatkan di akuarium. Jenis ikan ini cenderung bersifat tenang jika kondisi akuarium bersih. Jika akuarium kotor, ikan akan menunjukkan ekspresi tidak sukanya dengan sifat agresifnya.

Ikan molly bisa diberi pakan berupa cacing darah. Tak hanya itu, daun selada juga bisa diberikan sebagai tambahan pakan. Sebagai tips, sebaiknya taburkan sedikit garam agar ikan molly bisa lebih nyaman dalam akuarium.

  1. Ikan Guppy

Jenis ikan hias air tawar kecil ini bisa berkembang biak dengan cepat dan banyak. Warna sisiknya sangat unik karena memiliki gradasi antara sisik badan dan ekor. Untuk guppy pejantan bersisik dengan bercak warna. Sedangkan guppy betina sisiknya hanya abu-abu.

Anda bisa memelihara ikan guppy ini di air bersuhu 24-28 derajat celcius. Pastikan kebersihan akuarium terjamin. Gantilah air minimal 2-4 minggu sekali agar ikan memiliki umur lebih panjang.

  1. Ikan Zebra

Seperti namanya, ikan zebra ini memang memiliki corak belang layaknya kuda zebra. Ikan asal Asia Selatan ini lebih suka berada di tempat berkerikil, berpasir, dan dekat tanah. Untuk corak sisiknya berwarna kombinasi hitam, biru, hingga jingga.

Sedangkan suhu air yang disukainya antara 18-24 derajat celcius. Perawatannya pun mudah karena hanya memastikan kebersihan airnya. Anda bisa mengganti air di akuarium 1-2 minggu sekali.

  1. Ikan Komet

Bentuk ikan komet sekilas mirip seperti ikan mas koki tetapi ada beberapa perbedaanya. Salah satunya bentuk kepala yang tidak menonjol serta badannya yang sedikit ramping. Ikan mungil ini memiliki sisik cantik dengan paduan wara emas dan putih.

Perawatannya pun sangat memanjakan Anda. Cukup pastikan suhu air sesuai dengan suhu ruangan. Pemberian pakannya juga mudah. Anda hanya perlu memberi pakan buatan atau sejenis pellet.

Ikan Hias Air Tawar Kecil yang Sifatnya Agresif

Walaupun bentuknya kecil, jangan sepelekan karena sifatnya yang agresif. Jika Anda menempatkannya pada wadah yang sama dengan ikan lain, dikhawatirkan akan saling bertarung. Ini dia beberapa referensi ikan kecil air tawar yang agresif.

  1. Ikan Dewa Puffer

Jenis ikan ini walaupun imut ternyata tak segan menyerang ikan lain. Sifat agresifnya ini karena naluri utama yang membuatnya harus selalu waspada. Oleh karena itu, Anda harus membuatkan ruang dengan tanaman tertutup agar ikan bisa terasa aman.

  1. Ikan Bucktooth Tetra

Bucktooth tetra dikenal sebagai ikan yang galak. Ikan tersebut tak segan menggigit ikan lainnya. Gigi seri depannya yang tajam merupakan alat utamanya untuk unjuk kemampuan. Agar tercegah terjadinya pertengkaran, sebaiknya kelompokkan setidaknya 12 ekor spesies yang sama.

Demikianlah beberapa referensi jenis ikan hias air tawar kecil yang ternyata menarik dipelihara. Bagi yang hobi memelihara ikan hias, tentu diperlukan referensi lengkap. Melalui prasstyle news, Anda bisa mencari banyak info lengkap seputar berbagai hal.

 

By Mike