Sel. Agu 9th, 2022

Ibu, sosok wanita hebat yang telah mengorbankan nyawa untuk melahirkan kita. Perjuangannya pun masih terus berlanjut untuk membesarkan anak-anaknya. Oleh karena itu, tidak heran jika ada hari khusus yaitu Hari Ibu di setiap tahunnya.

Mengapa Hari Ibu? Simak Sejarah Kemunculannya!

Terlahir menjadi sosok perempuan memanglah istimewa. Keistimewaan tersebut ialah perempuan memiliki kemampuan melahirkan generasi penerus. Anak yang lahir dari rahim ini menjadi simbol harapan baru yang telah lahir untuk masa depan lebih baik.

Hari Ibu dirayakan sebagai ungkapan sayang dan juga simbol terima kasih pada sosok wanita dan seluruh kehebatannya. Dahulu, Indonesia terjajah oleh bangsa lain hingga ratusan tahun. Keberadaan wanita pun semakin disepelekan, seakan tidak berharga.

Setelah lahirnya Sumpah Pemuda, pada 22-25 Desember tahun 1928 dilaksanakan Kongres Perempuan Indonesia. Kongres tersebut dilangsungkan di Ndalem Joyodipuran, Yogyakarta. Tujuannya ialah untuk menyatukan perempuan Indonesia.

Ratusan sosok perempuan hebat dari seantero negeri berkumpul di bawah komando R.A. Soekonto, Nyi Hadjar Dewantara dan juga Soejatin. Pemahaman mengenai kesetaraan gender dan emansipasi mulai disebarluaskan.

Pada akhirnya, di tahun 1959 Ir. Soekarno memutuskan 22 Desember menjadi peringatan Hari Ibu. Hari spesial, titik balik dimana perempuan mulai bangkit. Fun fact, peringatan di negara lain berbeda-beda tanggalnya, lho!

Merayakan Hari Ibu kurang afdol jika tidak memberi hadiah. Salah satu hadiah simpel yang memiliki makna mendalam tidak lain tidak bukan adalah bunga. Jenisnya yang beragam membuat Anda bebas mengekspresikan rasa sayang terhadap ibunda.

Tidak hanya Hari Ibu saja, perayaan lain seperti pernikahan, kado ulang tahun, bingkisan wisuda, dan yang lainnya selalu melibatkan bunga. Hmm.. Lalu bagaimana cara memilih bunga yang tepat untuk ibu? Simak penjelasan berikut!

Cara Memilih Bunga

  1. Memilih Berdasar Jenis Bunga Kesukaan

Menjadi perempuan merupakan lambang kecantikan paripurna. Biasanya kecantikan akan identik dengan bunga. Maka, terkadang wanita memiliki jenis bunga kesukaan.

Memberikan bunga favorit di hari spesial akan sangat berkesan pada ibu. Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu macam jenis bunga yang disukai. Pemberian jenis bunga dapat disesuaikan apakah lebih bagus setangkai atau sebuket.

  1. Memilih Warna Yang Disukai

Mayoritas orang memiliki warna kesukaan. Selain atas dasar suka, warna ini dapat menjadi interpretasi karakter seseorang. Maka, Anda perlu mengetahui warna kesukaan ibunda.

Setelah mengetahui jenis bunga yang disukai, Anda hanya perlu menyesuaikan warnanya. Apabila warna yang disukai tidak ada, maka sesuaikan ke warna yang tidak berbeda jauh.

  1. Memilih Sesuai Makna Yang Tersirat

Apabila pemilihan sesuai jenis bunga kesukaan dan juga warna kurang memuaskan, maka pilihlah sesuai pesan yang ingin disampaikan. Hal ini juga dapat dilakukan untuk sosok ibu yang tidak memiliki preferensi jenis bunga dan warna kesukaan.

Makna bunga yang tepat akan meninggalkan kesan mendalam pada ibu. Anda dapat menggali informasi mengenai makna bunga lebih dalam. Agar lebih tepat sasasran, diskusi mengenai pilihan bunga dapat dilakukan di toko bunga.

Bunga yang diberikan saat hari ibu berupa setangkai bunga maupun buket. Anda bebas memilih sesuai keinginan dan juga budget. Agar pilihan bunga semakin tepat, simak penjelasan mengenai jenis bunga beserta maknyanya berikut!

Jenis Bunga Spesial Bermakna, Pilihan Hadiah Untuk Kesayangan Anda

  1. Bunga Mawar Oranye

Memiliki sosok ibu yang hebat merupakan sebuah privilege. Sebagai seorang anak pasti ada rasa bangga melihat perjuangan ibu. Bunga mawar oranye tepat untuk diberikan pada saat Hari Ibu.

Warna oranye ini terkesan sangat hangat dan juga indah. Selain bermakna menunjukkan rasa bangga, bunga ini juga melambangkan hangatnya rasa cinta yang murni dari anak ke ibunda.

  1. Bunga Matahari

Sosok ibu selalu menunjukkan rasa gembira di depan anak-anaknya. Meskipun pada kenyataannya situasi sedang buruk. Perjuangan ini dilakukan oleh ibu agar anak tidak turut merasakan pedihnya kondisi saat itu.

Maka, bunga matahari sangat cocok diberikan pada ibunda. Bunga besar yang cantik ini bermakna kegembiraan dan keceriaan. Sangat cocok dengan pribadi sang ibu.

  1. Bunga Anyelir

Bunga ini disebut juga bunga carnation. Warnanya yang beragam dan cantik menjadikan bunga ini biasa ditanam sebagai hiasan di halaman. Aromanya manis dan sedikit menyengat pedas seperti cengkeh.

Makna dari bunga ini ialah kebahagiaan. Kebahagiaan yang ada tersebar di keluarga karena peran ibu. Anda dapat memberi buket campuran anyelir pada ibu sebgaai ungkapan bahagia memiiki ibu seperti ibunda Anda.

  1. Bunga Tulip

Anda tentu tidak asing dengan bunga cantik yang menjadi ikon negara Belanda ini. Warna cerahnya menampilkan keindahan. Paduan dengan tangkai lurus berwarna hijau menambah kesan elegan.

Tulip sendiri memiliki makna rasa cinta murni dan peduli. Bunga ini cocok diberikan sebagai ungkapan kepedulian dan terima kasih atas jasa ibu yang mencintai keluarga dengan tulus.

  1. Bunga Anggrek

Meskipun tidak memiliki wangi, tetapi semua orang mengakui kecantikan si Orchid. Bentuk kelopak anggrek sangat unik, berbeda dengan bunga lain. Nilai plus lain ialah bunganya tidak mudah layu karena lebih tebal.

Warnanya pun bermacam-macam dan sangat indah. Di Inggris, bunga anggrek menjadi tanda cinta kasih. Maka, buket anggrek sangat cocok untuk sosok ibu yang selalu mencintai keluarga tanpa lelah.

  1. Bunga Mawar Kuning

Bunga mawar memanglah bunga dasar yang menjadi favorit semua orang. Aromanya yang wangi menjadikan bunga ini sering dipilih sebagai hadiah. Bunga ini bermakna sebuah keceriaan dan kegembiraan.

Selain itu, warna kuning pun menyimbolkan sebuah ketulusan dan rasa sayang. Memberikan bunga ini akan cocok untuk pribadi cerah seorang ibu. Bunga ini juga bermakna bahwa ibu adalah sosok sahabat sejati dalam hidup Anda.

  1. Bunga Mawar Pink

Mawar berwarna pink ini merupakan pertanda rasa cinta tulus dan juga syukur. Memiliki sosok ibu yang hebat tentu harus disyukuri, bukan? Warna cerahnya pun menjadi ungkapan energi lembut yang terpancar dari ibu.

Mawar pink terbagi menjadi warna merah muda lembut (soft pink) dan yang lebih cerah konsentrasi warnanya (bright pink). Anda dapat memilih sesuai keinginan. Memberi buket akan lebih indah dibanding hanya setangkai.

  1. Bunga Lily

Bunga satu ini tentu sudah tidak asing di telinga. Bunga lily atau bunga bakung memiliki kelopak panjang ramping yang sangat cantik. Ditambah, aromanya sendiri manis dan lembut.

Bunga ini melambangkan sebuah kecantikan. Tak hanya itu, juga melambangkan keanggunan dan kehormatan. Maka, buket bunga lily merupakan ungkapan tepat untuk mengagumi kecantikan fisik dan juga hati seorang ibu.

  1. Bunga Gerbera

Gerbera merupakan nama latin dari bunga Hebras. Meskipun terdengar cukup asing, bunga ini sangat cocok diberikan sebagai hadiah. Tanaman ini merupakan tanaman semak tetapi bunganya sangat cantik, megah berwarna-warni.

Anda dapat memilih warna putih sebagai lambang ketulusan, atau kuning oranye sebagai lambang keceriaan.  Poin plus dari bunga ini ialah dapat meningkatkan kualitas tidur.

  1. Bunga Aster

Bunga dengan putik berwarna kuning oranye dengan kelopak kecil ramping berwarna ungu ini sangat cantik. Tidak hanya ungu, ada pula yang berwarna putih dan kemerahan. Bunga ini tumbuh di tempat banyak sinar matahari.

Memberi aster pada ibu mengungkapkan lembut, halus, dan juga kecantikan sosok hebat tersebut. Tidak hanya itu, juga melambangkan kebijaksanaan. Sangat cocok jika digunakan dalam hadiah pada Hari Ibu.

Demikian tips memilih bunga untuk hadiah peringatan Hari Ibu. Anda dapat mengombinasikannya dengan kue atau puisi. Hari spesial ini sangat perlu dirayakan untuk menunjukkan kasih sayang kepada sosok perempuan hebat di hidup Anda!

Memberikan bunga untuk orang tersayang bisa dibilang merupakan sebuah hal klasik. Salah satu momen memberi bunga ialah untuk ibu pada Hari Ibu. Memberikan bunga pun tidak bisa asal-asalan, lho! Simak tips memilih bunga di bawah ini!

Tips Memilih Bunga

  1. Memilih Buket Bunga Sesuai Kesukaan Sang Ibu

Hari Ibu merupakan hari spesial, maka hadiah yang diberikan juga harus khusus. Berikan jenis bunga yang disukai oleh ibunda. Akan lebih baik jika mengetahui warna kesukaan sang ibu.

Anda dapat memilih bunga yang disukai dalam warna yang disukai pula. Meskipun sepele tetapi ibunda Anda akan merasa sangat bahagia karena Anda mengingat detail kecil tentang beliau. Beberapa makna warna antara lain:

  • Pink, warna yang biasa dipilih pada Hari Ibu sebagai makna kasih sayang dan kepedulian
  • Kuning, bermakna keceriaan dan juga rasa hangat yang memancar, sebuah ungkapan bahwa ibu ialah sahabat terbaik untuk anak
  • Putih, bermakna suci dan murni, lambang cinta kasih seorang ibu untuk anak dan keluarganya
  • Oranye, lambang kehangatan dalam sebuah hubungan antara ibu dan anak
  1. Sesuaikan Bunga Dengan Kepribadian Ibunda

Anda tidak mengetahui bunga kesukaan ibu? Tenang saja! Masih ada solusi lain dalam memilih bunga yang tepat. Sebagai seorang anak tentunya Anda memahami karakter ibu Anda.

Karakter tersebut dapat dijadikan patokan dalam menentukan jenis bunga yang dipilih. Anda dapat memilih jenis bunga dengan warna lebih cerah untuk sesosok ibu dengan tipe tradisional dan warna yang lebih berani untuk ibu tipe modern. Hal ini dapat didiskusikan dengan pihak toko bunga kepercayaan Anda.

  1. Memberikan Bunga Kepada Ibu Yang Telah Tiada

Mengekspresikan perasaan terkadang cukup sulit dilakukan. Oleh karena itu, menggunakan bunga adalah solusi yang tepat. Namun bagaimana jika sosok hebat itu telah tiada?

Salah satu jenis bunga yang dapat dipilih adalah carnation atau juga disebut anyelir. Biasanya, bunga yang diberikan adalah anyelir putih. Tidak lupa selain bunga, juga panjatkan doa, ya!

  1. Selalu Pilih Buket Bunga Yang Asli

Belilah bunga asli yang cantik dan segar untuk hadiah kepada ibu. Meskipun harganya lebih mahal, tetapi bunga lebih cantik dan pada bunga tertentu akan beraroma harum. Tidak lupa, ambillah bunga yang berbentuk buket.

Buket ini biasanya bervariasi, sesuaikan dengan situasi Anda. Ada buket berbentuk wadah rotan yang bisa ditenteng dan berkesan klasik, kertas, plastik, hingga vas kecil. Pilihlah sesuai selera ibu Anda.

  1. Solusi Untuk Sosok Ibu Yang Tidak Menyukai Bunga

Terkadang, ada beberapa orang yang memang tidak menyukai bunga. Selain pada dasarnya tidak suka, ada juga yang memiliki alergi. Lalu bagaimana jika Anda tetap ingin memberikan buket bunga?

Solusinya ialah memberikan tanaman. Anda dapat memilih tanaman di pot yang sekiranya disukai oleh ibu Anda. Sebagai contoh berikan tanaman anggrek karena anggrek mudah dirawat dan cukup tahan lama.

Berbagai  rekomendasi jenis bunga untuk hari ibu yang terbaik bisa diperoleh di https://batam.aliciaflorist.com/ . Ini adalah tempat dijualnya berbagai macam jenis bunga yang terbaik dan sangat segar.

By Mike