Sel. Agu 9th, 2022

Ikan manyung merupakan salah satu jenis ikan laut yang populer di tangkap oleh nelayan Indonesia, karena tingkat permintaan yang tinggi untuk diolah sebagai ikan asin. Ikan asin yang terbuat dari ikan manyung biasa kita kenal dengan nama ikan asin jambal roti.

Selain diolah menjadi ikan asin, daging ikan manyung juga bisa diolah menjadi gulai kepala ikan manyung, ikan manyung asap, ikan manyung pepes dan ikan manyung mangut.

Ciri-Ciri dan Karakteristik Ikan Manyung

Ikan manyung masuk dalam keluarga ikan lele terutama lele laut dan memiliki nama ilmiah Ariidae. Ikan satu ini bisa dihidup juga di lingkungan air tawar dan air payau. Ikan ini banyak ditemukan di perairan yang memiliki iklim tropis, terutama di Indonesia dan paling banyak ditemukan di pantai utara jawa.

Sebenarnya filogenetik dari ikan manyung masih belum jelas, karena ada yang menyebutkan masuk dalam genus Doiichthys dan masuk dalam famili Doiichthyidae. Tetapi sekarang ikan ini masuk ke dalam genus Nedystoma.

Ikan manyung banyak ditemukan di seluruh dunia di daerah beriklim hangat dan tropis. Ikan manyung tidak biasa masuk dalam keluarga ikan lele karena ikan ini sebagian besar hidup di laut. Sementara sebagian besar spesies/famili ikan lele lainnya hanya bisa hidup di air tawar dan memiliki sedikit toleransi terhadap air payau atau air asin.

Selain di Indonesia, ikan manyung juga bisa ditemukan terutama di perairan pantai dangkal yang ada di Amerika Utara dan Selatan , Afrika , dan Australia . Ikan ini tidak ditemukan di lautan Eropa dan Antartika .

 

By Mike