Sel. Agu 9th, 2022

 

Bisa dikatakan, layanan jasa pengiriman barang dapat dijadikan sebagai bisnis. Hal tersebut karena bisnis pengiriman barang ini dinilai sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Apalagi, saat ini pengiriman barang antara provinsi, seperti: pengiriman paket Surabaya Pontianak cukup marak.

 

Oleh karena itu, bagi Anda yang berniat untuk membuka usaha baru, Anda mulai bisa menggeluti ekspedisi Surabaya Pontianak. Namun, sebelum mulai berbisnis ekspedisi, sebaiknya Anda mengenal lebih dalam tentang macam-macam layanan ekspedisi berikut ini.

 

Apa Itu Bisnis Ekspedisi?

Maraknya belanja online, membuat layanan jasa pengiriman barang banyak diminati. Tidak heran, jika bisnis yang satu ini dinilai sebagai bisnis yang menguntungkan dalam jangka panjang. Nah, apa sih sebenarnya bisnis ekspedisi itu? Bisnis ekspedisi merupakan salah satu jenis bisnis yang bergerak di bidang pengiriman barang.

 

Artinya, bisnis ini bergerak di bidang jasa yang bertugas mengirimkan barang atau dokumen dari pengirim ke penerima. Umumnya, jasa ekspedisi ini tidak hanya mengirim barang dalam satu wilayah saja, melainkan juga antar wilayah bahkan ke luar negeri.

 

Macam – Macam Layanan Ekspedisi yang Ada di Indonesia

Tentunya, bagi Anda yang berniat untuk membuka layanan jasa ekspedisi antar provinsi, seperti: Surabaya – Pontianak, disarankan mengetahui lebih dahulu macam-macam ekspedisi. Adapun macam-macam ekspedisi yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut.

 

  1. Layanan Ekspres

Sesuai dengan namanya layanan ekspres, jasa ekspedisi yang satu ini memberikan layanan jasa pengiriman jalur darat secara ekspres. Artinya, paket akan diantarkan ke tempat tujuan dalam jangka waktu maksimal 2 hari. Pada umumnya, layanan ekspres ini melayani pengiriman paket yang memiliki bobot dan dimensi kecil hingga sedang. Hal tersebut karena moda transportasi yang digunakan untuk mengirim paket adalah sepeda motor.

 

  1. Less Than Truck Load (LTL)

Less Than Truck Load (LTL) merupakan layanan ekspedisi yang menggunakan moda transportasi berupa truk. Tentunya, jenis paket yang dilayani merupakan paket dengan bobot dan dimensi besar. Perlu diketahui, jenis ekspedisi LTL ini dinilai mematok harga yang murah, karena truk akan diberangkatkan ke tempat tujuan jika sudah mencapai kuota.

 

  1. Full Truck Load (FTL)

Selain LTL, ada juga FullTruck Load (FTL). Berbeda dengan sistem LTL, FTL ini merupakan layanan jasa ekspedisi di mana jenis truk untuk mengangkut barang disesuaikan dengan kebutuhan. Artinya, ekspedisi tersebut hanya melayani pengiriman barang ke satu pelanggan saja. Tentunya, bobot dan dimensi barang tersebut harus sesuai ketentuan FTL.

 

  1. Jasa Ekspedisi Laut

Di Indonesia, selain melayani ekspedisi pengiriman jalur darat, juga melayani ekspedisi laut. Kabarnya, jasa ekspedisi laut ini dinilai lebih murah dan terjangkau dibandingkan jalur  darat dan udara. Hal tersebut karena ekspedisi laut bisa mengirim paket dalam jumlah, bobot dan dimensi yang besar.

 

Umumnya, moda transportasi yang digunakan adalah kontainer yang diangkut kapal feri. Perlu diketahui, kontainer yang digunakan pada kapal feri ini juga memiliki beragam ukuran, seperti sebagai berikut.

  • Less Than Container Load (LCL).
  • Full Charter Load (FCL).

 

  1. Jasa Ekspedisi Udara

Satu lagi jasa ekspedisi yang umum digunakan di Indonesia, yaitu jasa ekspedisi udara. Kabarnya, jasa ekspedisi udara ini digunakan untuk pengiriman barang antar proviinsi secara ekspres. Tentu saja, layanan jasa ekspedisi udara ini menawarkan harga yang cukup mahal dibandingkan ekspedisi darat dan laut.

 

Diharapkan dengan adanya informasi macam-macam layanan ekspedisi tersebut, pengetahuan Anda tentang layanan jasa ekspedisi bertambah. Semoga informasi ini memberikan manfaat dan menginspirasi Anda untuk membuka peluang usaha baru, seperti: layanan jasa ekspedisi Surabaya Pontianak.

 

 

 

 

 

By Mike