Rab. Okt 5th, 2022

 

Medan merupakan ibu kota Sumatera Utara yang letaknya berbatasan dengan selat Malaka. Setelah Jakarta dan Surabaya, Medan disebut sebagai kota ketiga terbesar di Indonesia. Tak heran jika Medan dijadikan pusat perdagangan,bisnis, dan industri penting di Inonesia.

Medan juga disebut sebagai pintu gerbang Indonesia di bagian barat karena bersinggungan dengan Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Internasional Kuala Namu yang merupakan bandar udara terbesar kedua di Indonesia.

Sebagian besar penduduk kota Medan diketahui berprofesi sebagai pedagang.diantaranya banyak juga yangberinteraksi dengan pedagang dari dalam maupun luar negeri. Dengan jumlah penduduk lebih dari 2,5 juta jiwa dan sebagian besar berprofesi sebagai pedagang, tak heran jika banyak ekspedisi yang membuka rute pengiriman ke kota ini.

Tarif Ekspedisi ke Medan

Pada dasarnya banyak orang yang tertarik untuk menggunakan jasa ekspedisi Sumatera karena pelayanannya yang cukup baik. Selain itu ini juga memberikan harga yang cukup murah terjangkau di kantong untuk pengiriman antar pulau maupun daerah. Ini menjadi salah satu kemudahan bagi semua orang untuk mengirimkan barang tanpa harus repot memikirkan tarifnya yang mahal. Dijamin ada banyak penawaran program promo menarik setiap hari. Ini menjadi salah  satu tarik bagi semua orang untuk menggunakan jasa pengiriman barang tersebut.

Masing-masing ekspedisi memiliki otoritas untuk menentukan perkiraan biaya kirim dari kota satu ke kota lainnya, termasuk Medan. Sebagai contoh, ekspedisi Insan Cargo menerapkan biaya Rp4.000,- per kg dengan minimal pengiriman 30kg. Biaya yang disebutkan tersebut belum termasuk biaya asuransi, biaya packing tambahan. Biaya tersebut juga masih bisa berubah sewaktu-waktu.

Adanya program asuransi yang diterapkan oleh jasa ekspedisi pengiriman barang tersebut akan menjamin barang bisa sampai ke tempat tujuan dengan keadaan. Apabila ada kerusakan selama proses pengiriman berlangsung maka dari pihak jasa pengiriman barang siap bertanggung jawab mengganti benda tersebut sesuai dengan kebijakan yang ditentukan oleh pihak penyedia layanan ekspedisi pengiriman.

Berbagai Ketentuan Ekspedisi

Jasa pengiriman barang biasanya menerapkan beberapa ketentuan untuk proses pengiriman barang, misalnya estimasi waktu. Perhitungan estimasi waktu sampai mulai dihitung saat armada mulai berangkat. Ini juga sangat mempengaruhi harga pengiriman dari produk tersebut ke alamat tujuan.

Jika ada ekspedisi yang menerapkan perhitungan berat untukmenentukan tarif atau biaya kirim, ada juga ekspedisi yang menerapkan perhitungan volume untuk menentukan biaya kirim suatu barang. Jadi walaupun barang tersebut ringan, jika volume barang termasuk besar, maka tarif atau biaya kirim akan dihitung lebih mahal.

Ada pihak pengirim yang menyediakan pickup ke alamat asal tanpa biaya tambahan, namun ada pula yang menerapkan biaya tambahan. Misalnya Insan Cargo menarik biaya pickup mulai dari Rp100.000. Agar tak dikenakan biaya tambahan, sebaiknya barang yang akan dikirim Anda antar sendiri ke kantor ekspedisi terdekat di kota Anda.

Perlu diperhatikan, ada beberapa ekspedisi yang tak menerima barang berupa cairan, misalnya JNT. Namun ada pula yang menyediakan jasa tersebut. Insan Cargo bersedia mengirimkan barang berupa cairan namun dengan tambahan biaya Rp1.000 per kg-nya.

 

Beberapa hal di atas bisa menjadi pertimbangan jika Anda akan mengirimkan barang ke Medan atau kota lain di luar Jawa. Semoga info tersebut bisa membantu menentukan jenis penyedia pengirim mana yang pantas untuk digunakan. Selain itu, keberadaannya akan membuat semua orang bisa mendapatkan kemudahan dalam pengiriman barang khususnya bagi para pebisnis.

 

 

By Juli