Rab. Okt 5th, 2022

 

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang bagaimana membuat kemasan produk yang menarik dan beberapa contoh kemasan produk yang menarik.

Sebelum memulai mendesain kemasan produk, ada 3 pertanyaan penting yang harus kamu jawab seperti : Apa produk yang kamu miliki? Siapa target pembelinya? Bagaimana cara pelanggan membeli produk kamu jual?

Apa produk yang kamu jual?

Dengan menjawab pertanyaan produk apa yang kamu jual, kamu bisa melakukan identifikasi tentang seberapabesar dan kecil ukuran kemasan produk yang akan kamu buat. Selain itu dengan mengetahui produk apa yang akan kamu jual, kamu juga akan mencari kemasan dengan bahan yang aman dan sesuai dengan ukuran produk yang akan dipacking.

Siapa Pembelinya?

Kamu juga harus menjawab pertanyaan siapa pembeli produk yang kamu jual, apakah pria atau wanita, ataukah pria dan wanita? Apakah produk untuk orang dewasa ataukah untuk anak-anak? Apakah produk ditunjukan untuk pendapatan rendah, menengah dan tinggi?

Desain kemasan produk sangat penting untuk menarik perhatian pelanggan potensial. Jadi menentukan siapa target pelanggan adalah hal penting sebelum memulai melakukan desain kemasan produk. Jika target kamu adalah untuk orang tua maka pastikan teks pada kemasan berukuran besar. Sedangkan jika produk kamu jual untuk kalangan atas, maka kemasan produk harus terlihat mewah dan modern.

Bagaimana cara pelanggan membeli produk kamu jual?

Saat ingin mendesain kemasan produk, pastikan kamu mengetahui jawaban pertanyaan bagaimana cara pelanggan membeli produk yang kamu jual. Apakah melalui supermarket, toko atau dijual secara online.

Kamu pastinya akan mempunyai pemikiran yang berbeda antara desain kemasan yang dijual online dan kemasan produk yang dijual di toko.

Jika kamu sudah menjawab semua pertanyaan di atas, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah :

  • Menentukan warna kemasan
  • Menentukan Font
  • Membuat Logo
  • Menuliskan Isi dan gambar produk pada kemasan
  • Masukan simbol, informasi nutrisi, logo halal, Nomor BPOM, nomor produksi, tanggal kadarluarsa, barcode, dan informasi lainnya
  • Menentukan gaya desain kemasan produk
  • Menyiapkan anggaran sesuai dengan kebutuhan

Contoh-Contoh Kemasan Produk Yang Menarik

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara mendesain kemasan produk yang menarik. Selanjutnya untuk mendaptkan referensi dalam mendesain, kamu bisa melihat beberapa contoh kemasan produk yang menarik.

1. Contoh Kemasan Produk Berbahan Kertas

Kemasan produk berbahan kertas adalah salah satu jenis bahan untuk membuat kemasan produk yang umum digunakan untuk produk makanan.

Untuk bahan kertas kamu bisa menggunakannya untuk kemaan makanan jajanan, take away box, catering box, box kue dan roti, kemasan kebab, kemasan sosis/hot dog, kemasan burger, paper tray, bungkus kebab atau lainnya.

2. Contoh Kemasan Produk dengan Zip Lock

Selain itu, untuk kamu yang berjualan produk makanan, kamu juga bisa mempertimbangkan kemasan produk dengan menggunakan standing pouch. Kemasan standig pouch saat ini memiliki banyak varian yang menarik dan tentunya dibagian atas terdapat zip lock.

Sehingga saat digunakan untuk berbagai makanan ringan, makanan yang ada di dalamnyaakan tersimpan dengan aman dan awet.

3. Contoh Kemasan Produk Plastik

Untuk produk kemasan berbahan pastik bisa digunakan untuk mengemas makanan dan minuman.Selain itu ada banyak produk lainnya seperti produk kosmetik atau kecantikan yang bisa dikemas dengan kemasan botol plastik.

Untuk desain dari kemasan produk berbahan plastik juga sangat beragam dan memiliki tampilan yang unik dan menarik.

4. Contoh Kemasan Produk Kardus

Selanjutnya adalah kemasan produk menggunakan bahan kardus, ada beberapa contoh kemasan dus seperti dus kosmetik,dus kemasan sekunder, hardbox, dus kemasan, kemasan box, box kue dan catering, box jajanan, dan corrugated box untuk dus sepatu, kardus pizza atau craft box.

Jadi itulah tadi contoh kemasan produk yang menarik dan paling banyak digunakan di beberapa bisnis atau usaha saat ini. Untuk melihat gambar contoh kemasan produk yang sudah jadi bisa cek di webiste kemasandus.com.

By Juli