Sen. Feb 6th, 2023

Bukan hanya ketika ingin melamar pekerjaan saja, namun pada saat hendak mendaftarkan beasiswa seseorang  juga harus memiliki CV. Hal itu dikarenakan CV merupakan salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pelamar beasiswa. Dalam hal ini usahakan untuk membuat CV semenarik mungkin agar nantinya beasiswa yang diajukan bisa berpeluang tembus. Lalu bagaimana cara membuat CV beasiswa yang menarik itu?.

Mengetahui Cara Membuat CV Beasiswa Yang Benar Itu

Meskipun CV termasuk salah satu dokumen yang wajib disertakan dalam pendaftaran program beasiswa, tetapi tidak sedikit juga orang yang masih kebingungan dengan cara membuatnya. Bahkan mereka membuatnya secara asal-asalan sehingga mengakibatkan beasiswa yang diajukan tidak lolos seleksi. Adapun beberapa cara membuat CV yang benar itu seperti berikut.

  • Pertama tentukan terlebih dahulu desain CV yang menarik untuk melamar program beasiswa.
  • Lalu cantumkan data pribadi secara lengkap mulai dari nama, tempat tinggal, alamat rumah, nomor kontak dan email yang masih aktif.
  • Tuliskan daftar riwayat pendidikan secara lengkap mulai dari tahun kelulusan hingga nilai akhir.
  • Cantumkan juga pengalaman pekerjaan jika memilikinya seperti magang, organisasi atau proyek yang pernah diikuti.
  • Tuliskan pelatihan atau seminar yang pernah diikuti untuk memperkaya isi dari CV itu.
  • Jangan lupa juga untuk menuliskan skill yang Anda miliki mulai dari bahasa, pengetahuan komputer maupun olahraga.
  • Tambahkan nomor referensi pada bagian akhir CV.
  • Terakhir cek ulang secara keseluruhan dari CV yang telah dibuat itu.

3 Tips Membuat CV Beasiswa Terbukti Bisa Membuat Lolos Seleksi

Jika Anda  berencana Ingin mendaftar program beasiswa tetapi masih kebingungan bagaimana cara membuat CV yang benar maka bisa membaca beberapa tips di bawah ini.

  1. Hindarilah Membuat Format CV Yang Berlebihan

Tips pertama agar CV yang Anda  buat bisa mengantarkan hingga lolos ke seleksi beasiswa yaitu pastikan untuk pembuatan format tidak berlebihan. Pasalnya jika format itu dibuat dengan berlebihan bisa mengakibatkan CV kesannya berubah menjadi seperti pamflet. Dalam hal ini cobalah buat desain yang simple namun tetap menarik untuk dilihat. Misalnya cukup menuliskan nama-nama dengan font agak besar pada bagian atas CV. Kemudian tambahkan foto di bagian kanan atas, lalu dilanjutkan dengan mencantumkan Informasi pribadi seperti nomor kontak, email, alamat rumah dan tempat tinggal. Untuk mengetahui bagaimana pembuatan CV yang baik bisa mengunjungi website daftarbeasiswa.com.

  1. Menulis Riwayat Pendidikan Terbaru

Di dalam kegiatan pembuatan CV untuk melamar program beasiswa riwayat pendidikan termasuk hal yang paling utama. Oleh karena itu wajib bagi Anda  menuliskan riwayat pendidikan terbaru dengan lengkap pada CV tersebut. Untuk CV beasiswa cukup mencantumkan riwayat pendidikan dari SMA hingga Universitas saja. Jangan lupa juga untuk menuliskan tahun masuk, tahun lulus dan nilai akhir.

  1. Buatlah CV Sesuai Fakta

Terkadang supaya CV itu bisa terlihat menarik orang-orang cenderung membuatnya dengan cara mengarang. Hal itu tentunya tidak boleh untuk dilakukan. Pasalnya dalam pembuatan CV hanya diperbolehkan menulis faktanya. Oleh karena itu pastikan membuatnya secara jujur dan menulis sesuai dengan keadaan aslinya.

Demikianlah pembahasan singkat tentang contoh cara membuat CV yang benar dan menarik. Dalam hal ini perlu diingat alangkah baiknya Anda  membuat CV itu menggunakan bahasa Inggris agar peluang diterima beasiswa besar. Selain itu CV berbahasa Inggris juga akan mempengaruhi ekspektasi wawancara terkait skill berbahasa yang dimiliki.