Rab. Okt 5th, 2022

Ada banyak jenis ban sepeda motor di pasaran saat ini untuk bisa memenuhi kebutuhan berbagai jenis kendaraan. Pada artikel berikut ini akan membantu kamu mengetahui ciri ciri ban motor yang bagus dan terbaik saat ini serta dan memilih jenis ban yang tepat untuk kebutuhan motor kamu miliki.

Ciri-Ciri Ban Motor Yang Bagus

Jika Kamu lebih sering berkendara di jalan, Kamu harus memilih ban standar perkotaan. Ini akan memberikan cengkeraman yang baik, membantu Kamu dengan penanganan yang baik dalam kondisi kering atau basah dan mengatasi semua rintangan yang bisa ditemui di jalanan kota.

Jika Kamu ingin lebih banyak traksi, maka Kamu harus mencari ban motor dengan karet lunak. Namun, ban karet lunak akan aus dan lebih cepat panas dibandingkan jenis ban lain.

Ban balap akan memungkinkan Kamu menikung lebih manis, memungkinkan Kamu berakselerasi ke kecepatan tertinggi lebih cepat, juga terbuat dari karet lunak. Tapi di jalanan umum, ban balap tidak akan bekerja dengan baik, butuh waktu lebih lama untuk pemanasan dan pola tapak tidak cocok untuk memberikan traksi saat permukaan jalan berubah-ubah.

Dan jika Kamu adalah suka touring dan ingin ban motor Kamu bertahan lebih lama, sebaiknya pilih ban karet keras. Namun jika rute yang Kamu pilih adalah jalan raya, jalan berbukit atau jalan berkerikil, sebaiknya pilih kombinasi ban sport. Ban Sport akan memberikan cengkeraman yang lebih baik di medan berpasir dan berkerikil dan bekerja cukup baik di jalan raya.

Secara keseluruhan, satu set grip ban sepeda motor yang baik memberikan akselerasi, kecepatan, dan penanganan yang lebih baik pada motor kamu. Jadi kamu harus mempelajari Ciri-Ciri Ban Motor Yang Bagus sebelum mengganti ban, sehingga akan membuat perjalanan Kamu lebih nyaman dan aman.

Klasifikasi Ban Berdasarkan Struktur

Setelah mengetahui ciri ciri ban motor yang bagus berdasarkan jalanan dan kebutuhan kamu dalam berkendara. Ada banyak cara untuk membedakan berbagai jenis ban sepeda motor yang ada di pasaran dan salah satu cara paling sederhana untuk mengidentifikasinya adalah dengan membedakan berdasarkan strukturnya yaitu jenis Ban tubeless dan ban biasa.

Ban Tubeless

Ban tubeless merupakan salah satu ban motor saat ini yang biasa digunakan pada motor matic dan motor sport. Seperti namanya, ban ini tidak menggunakan ban dalam tetapi akan dilapisi dengan halobutyl atau chlorobutyl film untuk membantu mencegah udara masuk ke luar. Film ini akan bertindak sebagai tabung ban normal.

Dengan struktur ini, ban lebih kencang, memastikan daya dukung yang lebih baik. Terutama berkat tidak adanya ban dalam, sangat mudah untuk memasang dan mengurangi bobot kendaraan secara signifikan. Selain itu, dengan ban tubeless yang lebih tebal, tidak cepat kehilangan udara saat ban terkena paku atau benda asing. Konstruksi lapisan ban yang tebal menghilangkan unsur panas dan gesekan saat bepergian. Namun, biaya ban tubeless akan lebih mahal, serta sulit diperbaiki atau diganti bila ada masalah.

Ban Biasa

Berbeda dengan struktur ban tubeless, ban sepeda motor biasa terdiri dari ban dalam dan ban pelindung luar. Ban motor biasa umumnya lebih murah dibandingkan ban tubeless. Pada saat yang sama dengan struktur ban motor yang menggunakan ban dalam, menjadikan jenis ban motor ini sangat mudah untuk mengganti, memperbaiki dan menambal ban motor saat bocor.

Namun, sebagai kelemahan ban jenis ini, sangat mudah kempes dengan cepat, yang berbahaya jika terjadi kecelakaan jika kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi dan umur ban juga lebih pendek.

Pada umumnya setiap jenis ban motor akan mempunyai kelebihan dan kekurangan yang masing-masing, kamu bisa memilih sesuai dengan jenis kendaraan yang kamu gunakan.