Rab. Okt 5th, 2022

Anda ingin mengirimkan banyak file dengan ukuran yang besar? Apabila iya, anda perlu mempelajari cara zip file. Perlu anda ketahui, jenis file satu ini bekerja layaknya sebuah folder. Di dalam folder ini biasanya terdapat banyak dokumen. Apabila folder tersebut dipindah, maka otomatis file di dalamnya ikut berpindah. Nah begitulah konsep ZIP File. Berikut ini tutorial cara ZIP File.

Cara ZIP File Tanpa Aplikasi

  1. Cara ZIP File di Windows

Anda pengguna windows? Tutorial cara ZIP File di device ini hanya membutuhkan empat langkah praktis. Yang pertama satukan dokumen yang akan di ZIP dalam satu folder terlebih dahulu. Dengan menyatukan file ini, maka akan mempermudah proses ZIP File. Anda dapat memindahkan folder yang sudah ada, atau jika belum ada, buatlah folder terlebih dahulu.

Kemudian yang kedua, klik kanan pada folder yang akan di ZIP tadi. Setelah itu pilih menu Send to lalu klik Compressed (Zipped) Folder. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga proses ZIP berhasil. Ketika proses ZIP sudah selesai, anda hanya perlu melakukan langkah terakhir yaitu mengubah nama file ZIP, yaitu dengan klik kanan file ZIP dan pilih Rename. Lalu ketik nama yang anda inginkan

  1. Cara ZIP File di MacOS

Bagi anda pengguna MacOS, anda tak perlu khawatir. Pasalnya tutorial cara ZIP File di MacOS juga tidak kalah mudah lho. Sistem operasi milik Apple ini memang selalu mengedepankan kemudahan penggunaannya. Sehingga tidak heran jika proses ZIP di MacOS cukup sederhana. Ikuti langkah-langkah berikut ini!

Yang pertama yaitu pilih lah folder yang akan anda jadikan file ZIP. Apabila belum bergabung dalam satu folder, buatlah folder baru, lalu masukkan semua file dalam folder tersebut. Setelah itu klik kanan pada folder tersebut, lalu klik menu Compress “(nama folder)”. Lalu secara otomatis, proses ZIP selesai. Setelah itu, anda dapat mengubah nama file dengan klik kanan dan pili opsi Rename.

Cara ZIP File Dengan Aplikasi

  1. Menggunakan RAR

Ternyata membuat ZIP File juga dapat dilakukan bagi anda pengguna android. Anda dapat membuat ZIP File dengan memanfaatkan aplikasi RAR. Tutorial cara ZIP File dengan RAR yang pertama adalah, anda install terlebih dahulu aplikasi RAR di ponsel anda. Setelah itu buka aplikasi tersebut.

Cari media atau file yang ingin diubah menjadi ZIP, Setelah itu, centang folder yang akan diubah, kemudian pilihlah tombol tanda + yang ada diatas. Setelah itu akan muncul beberapa menu pilihan, pilihlah format ZIP lalu klik OK. Tunggu hingga prosesnya selesai. Folder berhasil diubah menjadi ZIP File.

  1. Menggunakan Es File Explorer

Aplikasi yang selanjutnya anda dapat menggunakan Es File Explorer. Yang pertama yaitu anda dapat mendownload aplikasi ES File Explorer ini di Google Play Store. Setelah terinstal buka aplikasi tersebut. Pilih file yang akan di arsipkan, namun jangan dibuat menjadi folder, sebab aplikasi ini hanya mampu mengarsipkan file satuan bukan dalam jumlah yang besar sekaligus.

Setelah itu, klik titik tiga pada file yang akan dibuat ZIP File. Lalu pilih opsi Compress. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, lamanya pemrosesan ini tergantung dari besar kecilnya ukuran file. Setelah selesai file ZIP akan tersedia di bawah file asli.

Nah demikianlah cara ZIP File yang dapat anda lakukan. Cara tersebut dapat anda lakukan dengan dan tanpa aplikasi, jadi sesuaikan dengan device yang sedang anda gunakan saat ini. Anda juga dapat menyimak  cara membuat file ZIP di laptop untuk secara jelasnya.