Sen. Des 5th, 2022

Anak yang demam atau panas tubuh meningkat pastinya akan membuat para orang tua khawatir. Karena itu, sebagai orang tua yang peduli akan kesahatan sang buah hati saat demam, Ibu bisa menerapkan beberapa cara menurunkan panas pada balita berikut ini :

1. Mandikan dengan Air Hangat

Cara menurunkan panas pada balita pertama yang bisa ibu lakukan adalah memandikan anak menggunakan air hangat. Karena air hangat bisa efektif untuk menurunkan panas saat demam. Jangan menggunakan air dingin untuk menurunkan demam anak, karena anak bisa merasakan kedinginan saat suhu tubuh meningkat.

Saat memandikan anak ibu bisa tambahkan garam epsom dan minyak esensial untuk membuat tubuh anak menjadi lebih nyaman dan rileks.

2. Kompres dengan Air Hangat

Selain memandikan anak dengan air hangat, orang tua juga bisa membuat kompres air hangat yang diletakan pada dahi anak. Cara ini sangat efektif untuk penanganan demam pertama kali pada anak. Berikan kompres hangat secara teratur saat kompres sudah dingn.

3. Perbanyak Asupan Cairan

Untuk cara menurunkan panas pada balita lainnya adalah dengan memberikan cairan yang cukup pada anak. Memberikan asupan cairan yang cukup sangat membantu tubuh agar tetap terhidrasi dan tidak kekurangan cairan.

Dengan memberikan anak minum yang cukup maka akan membuat tubuh memiliki respon yang cepat untuk menurunkan panas secara alami.

Selain air putih, Anda bisa juga memberikan air kelapa karena air kelapa megandung elektrolit dan antioksidan yang bisa membuat tubuh agar cepat segar.

By Mike