Sen. Des 5th, 2022

Marmer dulu hanya digunakan untuk bangunan mewah seperti kerajaan dan rumah-rumah besar. Sekarang marmer sudah banyak digunakan dalam bangunan apa saja. Banyak orang yang sudah mampu mebeli marmer karena sudah banyak dipasaran. Dibandingkan dulu penyedia marmer jarang dan harga nya juga tinggi. Kelemahan batu alam ini adalah apabila terkena noda apabila tidak langsung dibersihkan akan meninggalkan noda membandel. Oleh sebab itu berikut cara ampun menghilangkan noda pada marmer, baik itu meja, lantai, bahkan dinding.

Bahan Penghilang Noda pada Marmer

Menggunakan lap pembersih dengan bahan lembut akan aman digunakan. Berikut beberapa bahan pembersih yang dapat digunakan bersama lap lembut.

  • Bahan soda kue

Dalam bebersih soda kue cukup ampuh dalam menghilangkan noda, dan menjadi solusi menghilangkan noda. Begitu pula kandungannya yang dapat digunakan dalam membersihkan marmer. Pertama campurkan soda kue dengan air hingga bertekstur seperti pasta yang dapat membersihkan noda. Oleskan adonan pasta tersebut di bagian noda dan biarkan sebentar dengan ditutupi plastik. Setelah dibiarkan lalu lap dengan kain lembut hingga kering.

  • Bahan amoniak

Amoniak juga mengandung zat seperti soda kue sehingga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan noda marmer. Cara menggunakannya sama dengan soda kue yang dicampurkan dengan air. Namun untuk formula amoniak hanya menggunakan takaran satu sendok makan dengan air satu gelas. Aplikasikan cairan ini pada noda, usapkan menggunakan kain lembut hingga noda hilang.

  • Bahan hidrogen peroksida

Senyawaa hidrogen peroksida dapat digunakan untuk membersihkan marmer. Dengan menggunakan cairannya dan mengusapkan secara lembut pada noda dimarmer lalu tutup dengan menggunakan plastik diamkan dahulu. Lalu bersihkan dengan lap lembut dengan air hingga kering.

  • Deterjen yang berbahan cair

Menggunakan deterjen yang terdapat di rumah yang sering digunakan dapat membersihkan noda pada marmer. Campur dahulu deterjen cair dengan air lalu gunakan untuk mengusap noda pada marmer. Usap searah hingga noda hilang dan lap dengan kain kering agar tidak berbekas.

  • Memanfaatkan pati jagung sebagai pembersih lemak. Dengan menaburkan pati jagung pada noda lemak dan biarkan sejenak agr pati menyerap noda lemak. Setelah itu usap menggunakan lap lembut bersih.

 

Langkah Tepat Dalam Membersihkan Marmer

Cairan yang digunakan dapat membantu tapi jika diaplikasikan dengan salah akan merusak marmer. Berikut langkah tepat yang dapat ditiru.

  1. Membersihkan marmer berkala

Agar tidak menimbulkan noda yang susah dibersihkan sebaiknya membersihkan marmer secara rutin.

  1. Bersihkan menggunakan lap basah campuran cairan pada bagian yang sudah di jelaskan di atas. Hindari menggosok secara kuat dan kain kasar karena bisa menggores marmer.
  2. Langsung mengelap marmer dengan kain kering, setelah dibersihkan menggunakan lap basah langsung keringkan.
  3. Tidak menggunakan cairan asam seperti cuka, kandungan asam pada cuka bukan hanya membersihkan namun dapat merusak lapisan marmer.
  4. Membuat semakin mengkilap dengan chamois. Bahan lembut kain satu ini dapat mengeringkan marmer dan juga membuat mengkilap. Apabila menggunakan bahan untuk membuat marmer Anda mengkilap pastikan aman bagi marmer.

Menghilangkan noda juga dapat menibulkan goresan. Beberapa goresan dapat ditangani seperti goresan tipis dan kecil dengan mengelap dengan cairan dan lap hangat dapat meyamarkan goresan. Cara lain dengan mengamplas halus permukaan yang tergores. Apabila tidak berhasil dapat menghubungi tenaga professional salah satunya menghubungi https://marmerpro.com/ untuk berkonsultasi permasalhan marmer Anda.

 

By Juli