Sen. Des 5th, 2022

 

Mengikuti tes TOEFL sangat penting dilakukan sekarang ini, khususnya bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang ada di luar negeri. Bahkan banyak pula perusahaan dalam negeri yang menjadikan TOEFL sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan. Maka dari itu, yuk ketahui cara menghadapi tes TOEFL dengan baik agar mendapat skor tinggi di sertifikat.

Tips Menghadapi Tes TOEFL

  1. Fokus pada Pertanyaan

Pada tes TOEFL, anda akan menjumpai bagian tes reading yang menuntut anda untuk memahami teks bacaan tertentu kemudian menjawab beberapa pertanyaan sehubungan dengan teks tersebut. Karena waktu memainkan peran paling penting di sini, penting untuk tidak panik dan fokus pada pertanyaan.

Jangan sampai anda menghabiskan waktu terlalu lama untuk membaca teks, hingga kehilangan kesempatan menyelesaikan tes sampai akhir. Jadi disarankan untuk fokus pada pertanyaan ketimbang fokus membaca teks dari awal hingga akhir. Karena dengan membaca pertanyaan terlebih dahulu maka anda bisa mengetahui informasi apa yang perlu dicari pada teks.

  1. Jangan Khawatir dengan Kata Kata Asing

Pada teks bacaan yang super panjang, anda mungkin menemukan beberapa kata yang terdengar asing di telinga dan membuat anda tidak mengetahui apa arti sepenuhnya dari sebuah kalimat. Jangan terburu buru panik dan membiarkan kata asing tersebut mengganggu konsentrasi.

Selama anda masih bisa menangkap apa yang dimaksud dari bacaan, maka tidak masalah untuk mengabaikan satu atau dua kata asing. Karena penutur asli pun ternyata ada juga yang tidak mengetahui dengan pasti arti dari kata tertentu. Sama seperti beberapa kata bahasa Indonesia yang mungkin tidak semua anda pahami maknanya.

  1. Amati Grafik Baik Baik

Cara menghadapi tes TOEFL berikutnya yaitu dengan mengamati baik baik grafik yang diberikan di soal. Tips ini bisa anda terapkan pada sesi writing, dimana anda akan diberikan sebuah grafik, diagram, atau tabel. Melalui grafik yang ada, anda akan diminta untuk menjelaskan informasinya menggunakan rangkaian kalimat sendiri. Jadi pastikan anda mengamatinya baik baik dan ambil kesimpulan yang jelas.

  1. Perbanyak Perbendaharaan Kata

Sebelum mengikuti tes TOEFL, khususnya mengerjakan bagian writing, pastikan anda sudah memperbanyak perbendaharaan kata yang dimiliki. Karena semakin luas vocabulary yang dimiliki, maka semakin besar pula peluang anda memperoleh skor tinggi. Namun pastikan setiap kata yang anda tulis adalah penting.

Sebaliknya, hindari menulis kata yang terlalu panjang untuk keterangan atau kata sambung. Sebagai contoh, akan lebih bagus langsung menulis “now” ketimbang “at this moment in time” yang terkesan bertele tele. Tidak lupa, pastikan esai yang dibuat pada sesi writing mempunyai struktur yang baik. Mulai dari introduction, body, dan conclusion.

  1. Hati Hati Terhadap Distractors

Berhati hati terhadap distractors harus anda lakukan dalam mengerjakan ujian listening pada tes TOEFL. Karena umumnya kesulitan yang paling sering ditemui dalam ujian listening yaitu menangkap seluruh kata dalam dialog. Apalagi terkadang ada dialog yang mengecoh dan membuat bingung. Misalnya kata “thirteen” dan “thirty”, anda mungkin akan bingung membedakannya jika tidak mendengar dengan seksama.

  1. Ketahui Sinonim

Terkadang, jawaban dari soal listening tidak secara langsung disebutkan dalam percakapan yang ada. Dan jika anda memperoleh soal seperti ini, itu berarti anda dituntut untuk menganalisis soal serta memikirkan sinonimnya. Itulah mengapa penting untuk memahami keseluruhan dialog dan memperbanyak perbendaharaan kata.

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi tes TOEFL. Tentunya anda perlu belajar dengan giat agar dapat memperoleh skor yang memuaskan. Jika masih kesulitan, anda bisa mengikuti kursus bahasa Inggris di Kabupaten Bekasi yang sudah terpercaya. Bahkan anda bisa mendapatkan banyak trik menarik untuk meraih skor tinggi di tes.

 

By Juli