Sel. Agu 9th, 2022

Whatsapp business merupakan aplikasi chat yang didesain khusus untuk pelaku bisnis. Layanan ini dinilai dapat membantu pebisnis dalam mendukung kegiatan transaksinya. Lantas, bagaimana cara menggunakan whatsapp business?

Sebagai sarana komunikasi, aplikasi ini terbilang sangat unggulan. Betapa tidak, di dalamnya sudah disediakan fitur yang lebih lengkap. Tentu saja, fitur ini dapat digunakan untuk berkomunikasi dua arah dengan para pelanggan.

Sejauh ini, layanan ini sudah banyak digunakan oleh pebisnis. Terutama pelaku bisnis yang memutuskan untuk jualan online.

Kegunaan Whatsapp Business

Secara umum, keberadaan layanan ini sangat menguntungkan di mata para pebisnis. Layanan ini jauh lebih komplit fiturnya.

Kegunaan utamanya untuk mendukung interaksi yang lebih baik. Bahkan, ini memungkinkan pebisnis untuk terus berkomunikasi sehingga mampu mengonversinya menjadi pembeli yang loyal.

Di dalamnya, pebisnis dapat mengotomatisasi pesan yang telah dibuat. Hal ini membuat pebisnis dapat menghemat waktu ketika ingin melakukan promosi ke calon pelanggannya.

Tidak hanya itu saja, pebisnis pun dapat menyortir siapa saja yang ingin dikirimi pesan. Bahkan, memungkinkannya untuk memberikan balasan secepat mungkin.

Sederhananya, layanan ini akan dapat mendukung pada pemberian layanan yang memuaskan di mata pelanggan. Tak ayal jika pebisnis sangat mengutamakan layanan ini untuk kebutuhan komunikasi.

Fitur WhatsApp Business

Sebelum mengulas tentang cara menggunakan whatsapp business, ada baiknya Anda juga mengetahui fitur yang tersedia dalam layanan tersebut. Umumnya, fitur yang tersemat dalam layanan sebagai berikut.

  1. Auto Greeting

Fitur ini memungkinkan pelanggan dapat menerima pesan selamat datang. Ini tentunya menjadi salam pembuka yang baik untuk mengawali sebuah percakapan.

Biasanya, pelanggan sangat mengapresiasi hal ini. Karena, pelanggan akan menilai jika kehadirannya diterima oleh pebisnis.

  1. Auto Reply Scheduler

Whatsapp bisnis pun dilengkapi dengan balasan otomatis. Fitur ini jelas sangat membantu pelaku bisnis yang ingin terus menjaga komunikasi dengan pelanggan.

Ketika pebisnis tidak dalam masa kerja, pesan yang dikirimkan oleh pelanggan dapat dibalas secara otomatis oleh sistem. Hal inilah yang membuat pelanggan merasa tidak diabaikan.

  1. Katalog Produk

Fitur lain yang menjadi andalan dari layanan ini adalah tersedianya katalog produk. Keberadaannya sangat diperlukan oleh pelanggan.

Setidaknya, pelanggan dapat menemukan sejumlah produk yang dicari melalui WA. Ketika sudah menemukannya, tinggal menghubungi penjual via WA tersebut.

  1. Label Pesan

Fitur ini memungkinkan pebisnis dapat menyortir sejumlah pelanggan. Fitur ini dapat digunakan untuk mengelompokkannya. Contohnya mengelompokkan pelanggan baru hingga pelanggan loyal.

  1. Broadcast Message

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh pebisnis adalah promosi. Promosi dilakukan untuk menarik minat pembelian.

Fitur broadcast message ini bisa dimaksimalkan. Setidaknya, pebisnis dapat menyiarkan informasi mengenai diskon atau potongan harga. Dengan begitu, pelanggan yang sudah menunggu kesempatan ini dapat segera menghubungi Anda.

  1. Statistik Pesan

Anda selaku pebisnis tentu ingin mengetahui perkembangan bisnis. Dan ini bisa Anda lihat melalui statistik pesan.

Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat melihat jumlah pesan yang sudah terkirim. Bahkan, sudah dibalas atau pun dibaca.

Cara Menggunakan WA Business

Beragam fitur yang memudahkan kegiatan bisnis seharusnya membuat Anda tidak ragu untuk memanfaatkannya. Apabila Anda memerlukannya, berikut ini cara menggunakan whatsapp business dengan tepat.

  1. Unduh Aplikasi

Seperti aplikasi lainnya, Anda perlu melakukan pengunduhan terlebih dahulu. Anda bisa membuka smartphone. Kemudian, akses ke Playstore dan unduh WhatsApp bisnis.

  1. Daftarkan Nomor Telepon

Setelah melakukan penginstallan, silahkan lakukan pendaftaran. Caranya hampir sama dengan bila Anda mendaftar layanan WA.

Anda cukup memasukkan nomor ponsel yang digunakan untuk keperluan bisnis. Setelah itu, verifikasikan supaya bisa digunakan.

  1. Lengkapi Profil Usaha

Langkah selanjutnya adalah melengkapi profil dari bisnis. Langkahnya diawali dengan menekan menu Settings.

Setelah itu, buka business settings dan pilih profile. Di sini, cantumkan nama usaha, alamat, kategori, email, detail kontak hingga website jika ada.

Usahakan supaya seluruh informasinya jelas. Dengan begitu, pelanggan dapat mempercayai keberadaan usaha. Pada akhirnya, pelanggan tidak takut ketika melakukan pembelian di tempat Anda.

  1. Atur Balasan Otomatis

Seperti dijelaskan sebelumnya jika pelanggan tidak ingin diabaikan oleh penjual. Untuk itu, Anda perlu membuat isi pesan balasan.

Mengutip dari situs efyei.com, pengaturannya dilakukan dengan menekan menu Settngs. Kemudian, pilih business setting dan tekan Away Message/ greeting hingga quick replies.

Di sini, sesuaikan saja isinya. Tentunya, pastikan bahwa pesannya memang dapat mewakili balasan yang diharapkan oleh pelanggan. Setidaknya, pelanggan tetap mendapatkan sambutan meskipun mengirimkan pesan di luar jam kerja.

Tips Memaksimalkan WhatsApp Business

Setelah mengetahui cara menggunakan whatsapp business, optimalkan pemanfaatannya supaya dapat mendulang rupiah dengan maksimal. Berikut ini tips untuk memaksimalkan layanan tersebut bagi pelaku bisnis.

  1. Pastikan Profil Lengkap

Salah satu kunci untuk mendapatkan pelanggan ialah kejelasan/kredibilitas bisnis. Kuncinya, buat pelanggan merasa yakin dengan keberadaan bisnis Anda.

Cara terbaiknya adalah dengan melengkapi profilnya. Ini bisa berupa nama bisnis, logo, memasukkan produk dan harganya, hingga melengkapi data diri seperti alamat dan lain sebagainya.

  1. Gunakan Foto Produk yang Menarik

Setelah profilnya lengkap, jangan lupakan untuk mengunggah produk. Di sini, usahakan supaya foto produk yang ditampilkan dalam kualitas terbaik.

Sebaliknya, hindari mengupload gambar produk yang kurang jelas. Karena, ini dapat mengurangi ketertarikan pelanggan untuk melakukan pembelian.

  1. Rutin Membuat Konten

Tingkat kepercayaan pelanggan harusnya diprioritaskan. Anda tidak boleh mengabaikannya jika ingin sukses jualan via WA.

Cara termudahnya adalah rajin untuk mengunggah konten. Salah satunya dengan memanfaatkan whatsapp story.

Konten yang diunggah bisa testimoni pelanggan. Selain itu, Anda juga dapat mengunggah review produk hingga diskon produk.

  1. Pekerjakan Orang Lain

Tips terakhir ini sangat berguna jika Anda ingin meningkatkan penjualan. Anda perlu mempekerjakan orang lain. Tugasnya adalah sebagai CS yang melayani kebutuhan pelanggan.

Orang ini dipekerjakan untuk selalu berkomunikasi dengan pelanggan di setiap waktu. Ketika pelanggan terus mendapatkan pelayanan seperti ini, bukan tidak mungkin jika pelanggan akan setia untuk melakukan pembelian.

Cara Hapus WA Business

Ada kalanya jika Anda sudah tidak melayani pembelian via WA. Anda ingin fokus dalam melakukan penjualan di marketplace. Maka, Anda bisa melakukan penghapusan akun.

Penghapusan akun ini pun sangat sederhana. Anda hanya perlu membuka menu Setting. Kemudian, pilih akun dan tekan Delete My Account.

Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon. Ketik nomor yang Anda daftarkan. Kemudian, tekan delete my account.

Ketika Anda menghapus akun tersebut, seluruh data yang pernah Anda unggah akan hilang. Praktis, Anda pun tidak bisa lagi menikmati fitur yang terdapat di dalamnya.

Demikianlah ulasan mengenai cara menggunakan whatsapp business. Maksimalkan layanan tersebut jika Anda fokus untuk jualan via WA. Karena, layanan ini pun cukup menjanjikan bagi kelangsungan bisnis secara online.

By Mike