Sel. Agu 9th, 2022

Bayi yang menangis adalah hal yang biasa. Namun bila bayi menangis lebih keras memang perlu diwaspadai, karena bisa terindikasi adanya kolik. Kolik adalah gangguan pencernaan yang akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Berikut adalah beberapa gejala dan cara mengatasi kolik pada bayi yang bisa diterapkan dirumah.

3 Gejala Kolik Pada Bayi yang Harus Diwaspadai

  1. Bayi lebih rewel

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya bila anda mengenali beberapa gejala bayi terkena kolik. Salah satu gejala yang umum terjadi adalah bayi menjadi lebih rewel. Bayi akan mudah menangis dan merasa tidak nyaman lebih dari biasanya. Sehingga para orang tua harus lebih peka mengenali tangis bayi yang tidak biasa.

  1. Tangis bayi terdengar lebih keras

Gejala lainnya yang patut diwaspadai adalah bila tangisan anak lebih keras daripada biasanya. Tangisan anak ini biasanya disertai dengan wajah yang mulai memerah. Tangis bayi yang lebih keras dengan wajah yang cenderung merah ini akan berlangsung selama beberapa jam atau lebih. Namun para orang tua dihimbau untuk jangan panik.

Anak yang mengalami kolik akan cenderung sering buang angin atau buang air besar. Hal ini karena terdapat gangguan pada saluran pencernaan anak yang membuatnya merasa tidak nyaman. Sehingga cara mengatasi kolik pada bayi yang belum bisa berkomunikasi dengan baik tentu akan membutuhkan kesabaran.

  1. Posisi tangan bayi mengepal

Selain gejala menangis dan rewel, bayi yang mengalami kolik biasanya akan ditandai dengan posisi tangan yang mengepal. Posisi ini juga diiringi dengan lutut yang ditarik ke arah perut untuk menahan sakit dibagian tersebut. Sehingga otot otot perut anak akan cenderung mengencang dan terasa keras.

Cara Ampuh Mengatasi Kolik Pada Bayi

  1. Memijat bagian perut perlahan

Kolik adalah gangguan pada bagian pencernaan anak yang umum terjadi. Sehingga orang tua tidak perlu terlalu khawatir bila anak terkena gangguan ini. Karena bisa ditangani dengan baik dirumah, gangguan ini akan hilang dengan sendirinya. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan cara memijat bagian perut anak dengan lembut dan perlahan.

Cara mengatasi kolik pada bayi yang pertama adalah dengan memijat area perut samping hingga perut bawah secara perlahan. Cara ini agar anak merasa nyaman dan mendorong untuk membuang gas berlebihan pada saluran pencernaannya. Selain itu anda juga bisa mencoba menanangkannya dengan cara menggendong dan mengusap lembut punggungnya.

  1. Memandikan bayi dengan air hangat

Penting untuk memastikan kenyamanan anak agar gangguan kolik bisa teratasi lebih cepat. Salah satu caranya adalah dengan memandikan anak dengan air hangat. Setelah itu anda bisa menjaga kehangatannya dengan menggunakan minyak telon pada bagian perut, punggung dan juga kaki. Anda juga bisa menggunakan lampu redup di kamar anak agar suasana lebih tenang.

  1. Minum ASI dengan benar

Cara mengatasi kolik pada bayi selanjutnya adalah dengan memberi minum ASI pada anak dengan benar. Posisi saat menyusu sangat penting dipehatikan agar anak tidak tersedak dan tidak ada udara yang masuk kedalam mulut. Hal ini bisa memicu perut kembung pada anak hingga terjadinya kolik.

Itulah beberapa cara dalam mengatasi kondisi kolik pada anak dengan ampuh. Namun bila setelah menggunakan beberapa cara diatas, anak masih merasakan gejala yang sama, akan sangat disarankan untuk membawa anak ke dokter. Penanganan secara medis akan membantu dan membuat anak cepat sembuh hingga merasa nyaman.

By Mike