Sen. Des 5th, 2022

HP itu seperti manusia, ketika Kamu menggunakannya dalam waktu yang lama, HP Kamu akan menjadi lemot dan lamban saat digunakan yang menunjukkan bahwa hp telah kelelahan, sehingga sangat mempengaruhi pengalaman penggunaannya.

Selain karena telah digunakan dalam waktu yang lama, hp lemot juga memiliki banyak penyebab lainnya. Bisa jadi karena kamu terlalu banyak menginstall aplikasi, banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, memori internal yang sudah tersisa sedikit, atau juga bisa disebabkan karena virus, hp diretas atau disadap.

Cara Mengatasi HP Lemot Dengan Ampuh

Jadi bagaimana cara mengatasi hp lemot dengan ampuh tanpa perlu membawanya ke tempat service. Yuk cari tahu beberapa cara mengatasi hp lemot yang kami bagikan di bawah ini dengan detail yang dilansir dari website wartaINET.com!

1. Mulai ulang atau restart hp

Apabila HP dioperasikan terus menerus dalam waktu yang lama akan menyebabkan memori Cache menjadi penuh, terutama hp yang memiliki kapasitas RAM kecil dan memori penyimpanan sering penuh pada hp spek yang rendah.

Dalam hal ini, Kamu harus memulai ulang atau restart hp, sehingga kamu bsia membiarkan sistem operasi menghapus atau menghentikan proses yang memakan banyak kapasitas RAM HP.

Untuk perangkat iOS seperti iPhone, untuk melakukan restart, cukup tahan tombol home dan power secara bersamaan hingga muncul logo Apple.

Untuk perangkat Android, tahan tombol daya dan salah satu tombol volume secara bersamaan hingga HP melakukan boot ulang.

2. Instal pembaruan OS

Cara mengatasi hp lemot kedua, mungkin karena versi pembaruan perangkat lunak di perangkat HP Kamu gunakan sudah usang dan Kamu harus memperbarui ke versi perangkat lunak yang terbaru baru.

Jika kamu masih menggunakan versi iOS atau Android versi lama dan tidak pernah sama sekali diperbaharui, hal ini akan membuat HP Kamu rentan terhadap kode berbahaya, virus karena eksploitasi keamanan, sehingga menyebabkan kinerja yang lebih buruk.

Maka dari itu, jika hp kamu ada pemberitahuan bahwa ada pembaharuan terbaru dari OS yang kamu gunakan. Segeralah lakukan pembaharuan ke versi terbaru agar hp bisa berjalan dengan lebih cepat dan lancar.

3. Matikan aplikasi yang berjalan di latar belakang

Jika kamu sering menggunakan HP dengan membuka banyak aplikasi, dan hanya menutup aplikasi sementara setelah digunakan. Biasanya aplikasi tersebut masih berjalan di latar belakang yang akan mengkonsumsi paling banyak RAM. Aplikasi yang paling sering mengkonsumsi ram di latar belakang adalah Facebook, Messenger dan Instagram serta aplikasi media sosial lainnya.

Hanya dengan mematikannya secara manual melalui pengaturan perangkat, kamu sudah bisa memperbaiki hp yang lemot. Ini juga merupakan masalah yang sangat mengganggu bagi perangkat dengan kapasitas baterai kecil, karena semakin banyak aplikasi berjalan di latar belakang maka akan semakin besar mengkonsumsi daya baterai.

4. Matikan live wallpaper dan hapus widget yang tidak perlu

Saat kamu senang dengan mendekorasi HP Kamu menjadi lebih cantik dengan menambahkan widget dekoratif, live wallpaper, efek transisi lainnya di beranda. Ini artinya kamu menambah beban pemprosesan pada RAM.

Jadi walaupun tampilan hp kamu jadi lebih tampak keren dan indah, tetapi fitur tersebut bisa membuat hp berjalan dengan lambat. Maka cara mengatasi hp lemot selanjutnya adalah dengan menonaktifkan fitur tersebut. Kamu harus membuat tampilan beranda, widget dan wallpaper yang sederhana saja sehingga hp kamu yang memiliki spek rendah bisa berjalan dengan lancar saat digunakan.

5. Kamu menginstal terlalu banyak aplikasi di HP, tetapi tidak pernah menggunakannya

Kebiasaan banyak orang adalah menginstal terlalu banyak aplikasi di HP, dan setelah itu jarang menggunakannya kembali.

Untuk membuat hp bisa dioperasikan dengan lebih lancar, maka kamu buka Pengaturan > Aplikasi. Di sini Kamu akan melihat semua aplikasi yang telah diinstal di hp, lalu kamu harus pilih aplikasi yang tidak Kamu perlukan lagi dan Uninstall aplikasi tersebut.

6. Kurangi efek bingkai gerak

Meski hanya mengurangi efek, cara mengatasi hp lemot ini akan membuat hp Kamu berjalan lebih cepat karena menghemat waktu menunggu transisi antar frame. Kamu perlu mengaktifkan mode Opsi Pengembang  dengan membuka Pengaturan > Tentang ponsel dan mengetuk 7 kali pada Nomor versi . Lalu buka Opsi Pengembang  dan turunkan animasi menjadi 0,0x atau 0,5x.

7. Gunakan Launcer Lain

Sebagian besar tergantung pada hp masing-masing perusahaan hp yang berbeda akan menggunakan Launcer berbeda yang disesuaikan oleh pabrikan. Namun, beberapa launcer bawaan yang disertakan saat pembelian biasanya ada yang cukup menguras memori RAM saat digunakan, jadi kamu perlu memasang launcer lain sebagai gantinya. Di sini kami ingin memperkenalkan Smart Launcher.

Sesuai dengan namanya, launcer ini memiliki antarmuka akses cepat dan sangat cerdas ketika secara otomatis mengatur aplikasi dengan fungsi yang sama ke dalam folder yang berbeda. Yang istimewa di sini adalah launcer ini sangat ringan, indah, bekerja dengan cepat dan lancar, tidak memakan memori RAM yang besar.

8. Bersihkan memori

Ada aplikasi yang tidak bisa dihapus dan tidak ingin dihapus seperti Facebook, Instagram, Yotube, Tiktok karena masih kita gunakan setiap hari, tetapi memakan banyak RAM, lalu apa yang harus dilakukan? Tentu saja, kamu tidak perlu menghapusnya, tetapi kamu cukup menghapus cache aplikasi tersebut dengan membuka Pengaturan, lalu pilih penyimpanan, pilih Aplikasi, cari aplikasi yang ingin di hapus cachenya dan Hapus cache .

9. Gunakan aplikasi lite atau aplikasi alternatif

Cara mengatasi hp lemot selanjutnya adalah menggunakan aplikasi lite atau aplikasi alternatif. Artinya Kamu akan menggunakan aplikasi yang lebih ringan sebagai pengganti banyak aplikasi lain yang sering kamu gunakan saat ini. Untuk contoh sederhana seperti ini, hp Kamu memiliki aplikasi seperti YouTube, Messenger, dan Facebook .

Dibanding kamu menggunakan ketiga aplikasi tersebut, sekarang kamu harus hapus semuanya dan gunakan Google Chrome untuk mengakses ketiga aplikasi tersebut. Dengan menggunakan aplikasi alternatif tersebut kita masih bisa dengerin nonton youtube, update status facebook, kirim pesan messenger tanpa masalah dan yang terpenting tetap bisa browsing dengan kencang. Jadi kamu bisa lebih hemat banyak memori hanya dengan menginstal aplikasi multifungsi ini, bukan?

Atau kamu bisa manfaatkan aplikasi lite, jadi ketiga aplikasi tersebut memiliki aplikasi yang lebih ringan seperti Facebook lite, Youtube Go dan Messenger Lite. Dengan menginstall ketiga aplikasi ini dan menginstall aplikasi utama. Kamu masih tetap bisa menggunakan ketiga aplikasi tersebut dengan nyaman setiap hari tanpa membebani kapasitas RAM hp kamu yang kecil.

10. Pembaruan Android Terbaru

Pembaruan dari pabrikan akan memperbaiki bug di HP yang kamu gunakan, menambal lubang keamanan, mengoptimalkan aplikasi sistem dan tentunya akan membuat HP Kamu berjalan lebih cepat. Periksa apakah hp Kamu telah ada pembaharuan perangkat lunak ke versi terbaru dengan membuka Pengaturan > Pembaruan perangkat lunak > Unduhan .

11. Kembalikan konfigurasi pabrik

Catatan : Metode ini akan menghapus semua data di HP, jadi harap backup data HP Kamu terlebih dahulu untuk menghindari kehilangan data penting yang ada di HP.

Cara mengatasi hp lemot ini merupakan pilihan terakhir ketika semua solusi di atas tidak berhasil. Kamu bisa melakukan ini dengan memilih Pengaturan> Sistem> Opsi reset> Hapus semua data (reset perangkat).

Kelemahan terbesar dari metode ini adalah Kamu akan kehilangan semua data yang terpasang di perangkat. Adapun keuntungannya yang kamu dapatkan tentu saja, perangkat Kamu akan kembali ke waktu semula seperti saat membeli hp baru. Jadi kamu benar-benar akan merasakan nuansa hp baru saat melakukan reset setingan pabrik.

12. Flash Firmware

Solusi lain selain reset setingan pabrik adalah dengan flash firmware untuk mengatasi hp kamu yang sudah lemot. Namun Flash Firmware adalah cara terakhir dan paling efektif saat menghadapi HP yang lemot dan mengganggu Kamu saat mengoparasikan hp.

Setiap produsen HP menyediakan tools Flash ROM khusus kepada pengguna. Jadi jika Kamu perlu menggunakan metode ini, Kamu bisa membuka halaman website produsen HP yang Kamu gunakan dan mengunduh flash firmware.

Catatan: Flash Firmware bisa menyebabkan HP Kamu berhenti bekerja jika kamu tidak bisa menerapkannya dengan benar. Jadi silakan lihat instruksi secara lengkap sebelum Kamu melakukannya!

Penyebab HP Lemot Saat Digunakan

Setelah mengetahui cara mengatasi hp lemot, ada banyak penyebab dari HP menjadi lemot, lag, atau mengakses aplikasi dalam waktu lama. Sehingga membuat pengguna merasa cukup tidak nyaman saat mengoperasikan hp. Berikut adalah beberapa penyebab hp lemot yang ingin kami bagikan untuk kamu ketahui.

Pembaruan sistem operasi semakin besar

Sebagian besar pembaruan Android dan iOS menghabiskan lebih banyak ruang dan sumber daya. Dengan pembaruan sekitar 1-2 tahun setelah Kamu membeli perangkat, tidak ada masalah karena pabrikan masih peduli dengan perangkat Kamu dan mencoba untuk mengoptimalkan, tetapi pembaruan setelah 3-4 tahun biasanya akan ada penurunan kinerja yang sangat kamu rasakan.

Aplikasi yang memakan banyak RAM

Untuk menjawab pertanyaan mengapa HP lambat, ada banyak jawaban, tetapi jawaban paling umum bagi pengguna adalah menggunakan banyak sumber daya secara bersamaan. Saat ini, banyak aplikasi yang menggunakan lebih dari 100MB per hari, seperti Facebook, Youtube, TikTok, Instagram dan aplikasi lainnya.

Sehingga semakin banyak aplikasi memakan RAM yang kamu gunakan, dapat dipastikan hp kamu akan semakin lemot saat digunakan.

Semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang

Penyebab selanjutnya mengapa HP lambat adalah karena semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Meskipun Kamu telah menutup aplikasi, itu masih berjalan secara diam-diam di latar belakang, memperbarui, mengunduh informasi juga membuat perangkat HP Kamu semakin lambat.

Degradasi chip memori

Ini juga salah satu penyebab HP lemot. Chip NAND Flash yang digunakan HP Kamu memiliki siklus hidup tertentu, di luar itu kemampuan untuk menyimpan informasi akan berkurang. Ketika sel memori mengalami masalah, sistem operasi pada perangkat Kamu harus beralih untuk menyimpan atau membaca data di sel lain, sehingga akan memakan waktu lebih lama, secara tidak sengaja membuat aplikasi Kamu kurang responsif, menunggu lebih lama untuk memproses.

Tidak banyak ruang kosong yang tersisa

Sama seperti komputer, HP saat beroperasi juga menghasilkan beberapa file sementara selama operasinya, dan jika memori perangkat tidak cukup besar, file-file ini untuk sementara tidak memiliki ruang, sehingga proses yang tertunda akan lebih lama untuk diproses dan menyebabkan hp jadi lemot.

By Neil