Sel. Agu 9th, 2022

Anak yang cerdas merupakan dambaan bagi semua orang tua. Meskipun kecerdasan anak diturunkan berdasarkan dengan genetik, orang tua dapat pula menyiapkan lingkungan yang baik sehingga anak dapat menjadi sosok yang cerdas. Agar anak cerdas, kita dapat membiasakan anak untuk membaca. Jika anak belum dapat membaca sendiri, orang tua dapat membimbingnya atau membacakan sebuah cerita. Tidak hanya meningkatkan kemampuan verbal, membaca buku dapat pula meningkatkan kosakata dan imajinasi anak.

Mengajarkan bahasa asing menjadi cara mendidik anak lainnya yang membuatnya menjadi cerdas. Sudah ada banyak penelitian yang menjelaskan jika anak yang berbicara dengan dua bahasa atau lebih memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Mengajarkan dan mengenalkan bahasa asing juga nantinya dapat memudahkan buah hati ketika belajar di sekolah. Bahasa Inggris yang merupakan bahasa asing menjadi salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan di sekolah.

Anak yang cerdas dapat dididik dengan cara mendorong rasa ingin tahu anak. Anak nantinya dapat melakukan eksplorasi akibat rasa ingin tahu yang tinggi. Keingintahuan anak akan menurun jika tidak didorong. Orang tua dapat mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan topik yang diminati oleh anak. Langkah ini juga akan menciptakan komunikasi dua arah antara anak dan orang tua. Untuk mendorong rasa keingintahuan anak, orang tua perlu memilih kesempatan yang tepat agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

 

By Mike