Sen. Des 5th, 2022

Burung merpati tinggian merupakan jenis burung paling sering dilombakan. Tidak heran jika para penggemarnya berburu dari trah indukan berprestasi. Namun, tahukah Anda bahwa cara memilih burung merpati tinggian bagus juga bisa dilihat dari ciri khusus atau katuranggan.

Bagaimana Ciri Burung Merpati Tinggian yang Bagus?

Berikut cara memilih burung berkualitas juara untuk bisa tampil all out saat lomba. Perhatikan baik-baik saat Anda membelinya di pasar.

  • Kepala burung berukuran besar, dengan batok kepala belakang lebih rendah dari bagian depan. Ini merupakan tanda merpati cerdas.
  • Pangkal hidungnya panjang, berwarna kapur pekat dan miring 45-60 Amati juga bagian bawahnya menjorok ke bawah.
  • Leher burung merpati terlihat kuat, tegak, dan selalu mendongak Namun, jangan pilih apabila lehernya lebih panjang dari tulang dada.
  • Dada berbentuk huruf “V” sebagai tanda merpati dapat turun kencang.
  • Sayapnya mengkongkong saat dipegang, namun lentur. Pastikan juga sayap tersebut tebal, rapat, dan tidak bergelombang.
  • Jarak pinggangnya terlihat rapat dengan badan.
  • Ekornya memiliki bulu tebal, rapat, panjang, dan lentur saat dipegang.

Dimana Memperoleh Burung Merpati Tinggian yang Bagus?

Ada banyak sekali pedagang yang menjual jenis burung merpati tinggian. Namun, untuk memperoleh kualitas juara, sebaiknya Anda datang langsung ke lapangan. Saat digelar perlombaan, incar merpati berprestasi. Kemudian, tanyakan trah indukan kepada pemiliknya. Harga yang ditawarkan mungkin lebih tinggi. Namun, akan sesuai dengan kualitas burungnya.

Cara memilih burung merpati tinggian memerlukan kesabaran, ketelitian, dan kocek cukup dalam. Terpenting, setelah mendapatkannya Anda perlu merawat dan tekun melatih agar jadi merpati juara.

 

 

 

 

By Mike