Sel. Agu 9th, 2022

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan populer yang biasa digunakan untuk saling bertukar pesan dengan orang lain. Di samping untuk bertukar pesan, WhatsApp juga dapat digunakan untuk komunikasi jarak jauh lainnya seperti menelpon dan video call.

Walau fungsi utamanya adalah untuk berkomunikasi, nyatanya WhatsApp dapat digunakan untuk melacak lokasi seseorang tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Cara melacak lokasi orang lain via WhatsApp tanpa aplikasi adalah dengan menggunakan fitur Share Live Location.

Tentang Share Live Location

Fitur asli dari WhatsApp ini memungkinkan penggunanya untuk saling membagikan lokasi. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah fitur ini berbeda dari fitur Send Current Location yang juga terdapat di WhatsApp. Perbedaannya adalah Send Current Location dapat memberikan titik koordinat atau posisi pengguna di suatu tempat.

Fitur ini cocok digunakan ketika pengguna sedang dalam posisi diam. Sementara itu, Share Live Location dapat digunakan bahkan ketika pengguna bergerak. Kelebihan fitur Share Live Location adalah informasi titik awal saat pengguna mengirim lokasinya akan tetap terlihat meski pengguna bergerak.

Oleh karena itulah fitur Share Live Location ini dapat digunakan ketika pengguna WhatsApp memiliki janji untuk saling bertemu. Fitur ini juga dapat digunakan ketika Anda ingin  sekadar mengetahui lokasi orang lain.

Cara melacak lokasi orang lain menggunakan fitur ini dapat dilakukan dengan membagikan lokasi pada orang lain melalui kolom chat WhatsApp. Namun, kekurangannya adalah Anda tidak dapat melihat lokasi seseorang setiap waktu.

Ini karena WhatsApp hanya menghadirkan tiga pilihan jangka waktu untuk mengetahui lokasi seseorang dengan Share Live Location, yaitu 15 menit, 1 jam, dan 8 jam.

Dengan fitur tersebut, Anda dapat mengetahui dan melacak posisi orang lain dari lokasi yang telah dibagikan. Anda juga dapat memberitahu posisi Anda kepada orang lain.

Cara Menggunakan Share Live Location

Untuk menggunakan Share Live Location, Anda harus mengaktifkan GPS pada ponsel terlebih dahulu. Jika Anda menggunakan Android, GPS dapat diaktifkan dengan membuka menu Pengaturan, pilih Lokasi, dan mengubahnya menjadi ON.

Namun jika Anda merupakan pengguna iOS, GPS dapat diaktifkan dengan membuka menu Pengaturan, pilih Privasi, kemudian pilih Layanan Lokasi, dan ubah menjadi ON. Jika GPS sudah aktif, lanjutkan dengan membuka kolom chat atau grup untuk membagikan lokasi.

Pada kolom pesan di sebelah kiri, klik atau tekan ikon klip, kemudian pilih Location untuk melampirkan lokasi Anda. Agar lokasi yang dibagikan tepat, Anda disarankan untuk menulis alamat lokasi yang ingin dibagikan pada kolom Search. Selanjutnya, klik Share Live Location dan pilih durasi layanan yang dibutuhkan, yaitu 15 menit, 1 jam, atau 8 jam.

Untuk memastikan agar fitur ini dapat bekerja dengan semestinya, pengguna WhatsApp perlu memastikan kestabilan sinyal seluler maupun Wi-Fi yang digunakan. Dengan begitu, titik lokasi yang dibagikan dapat akurat.

Cara melacak lokasi orang lain via WhatsApp tanpa aplikasi dan tutorialnya dapat dilihat pada halaman website Papuanews.id. Di halaman website tersebut, Anda akan menemukan tutorial yang mudah dipahami sehingga Anda akan dapat menggunakan fitur Share Live Location dengan baik.

Di samping menyediakan tutorial untuk membantu Anda menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan aplikasi, Papuanews.id juga memiliki beragam informasi tentang aplikasi serta game. Oleh karena itulah website ini sangat cocok untuk dikunjungi saat Anda membutuhkan informasi.

 

By Mike