Sel. Agu 9th, 2022

Di bawah ini ada beberapa cara mengatasi BAB keras yang bisa dicoba :

1. Tambahkan asupan serat

Meningkatkan asupan serat larut membantu mengatasi BAB keras. Serat juga dapat melunakkan feses karena larut dalam air. Namun, perlu diingat bahwa menambahkan lebih banyak serat sekaligus memiliki efek sebaliknya dan dapat menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan.

2. Minum lebih banyak air

Jika Anda tidak sepenuhnya terhidrasi, tubuh Anda akan mendapatkan air yang dibutuhkan dengan mengeluarkan lebih banyak cairan dari tinja Anda.

Ini bisa menjadi penyebab utama feses yang keras. Salah satu hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga feses tetap lunak adalah dengan minum banyak air sepanjang hari.

3. Jangan tunda buang air besar

Cara atasi BAB keras lainya adalah jangan menunda untuk buang air besar jika sudah kebelet. Menahan BAB akan membuat feses mengeras. Maka dari itu segera BAB jika memang sudah tidak bisa ditahan.

4. Pijat perut

Pijat perut sendiri adalah salah satu cara mengatasi BAB keras. Pijat perut dapat merangsang otot-otot yang terlibat dalam produksi gerakan usus dan mengurangi stres sehingga tinja menjadi lunak.

5. Hindari makanan rendah serat

Hindari makan makanan cepat saji, makanan olahan yang rendah serat untuk mencegah atau mengatasi susah buang air besar dan BAB keras.

Itulah tadi cara mengatasi BAB keras. Jika gejala berlanjut segera konsultasikan dengan dokter supaya mendapat penanganan yang tepat.

By Juli